SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : ............................
Kelas : 1V
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Semester : 1
Standar Kompetensi (Alquran) : 1. Membaca surah-surah Alquran
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Pembahasan | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
1.1 Membaca surah Al Fatihah dengan lancer | Surah Al Fatihah | 1. Siswa melafalkan surah Al Fatihah secara klasikal, kelompok dan individu berdasarkan instruksi yang di berikan guru dengan menerapkan harakat, makhraj dan hukum bacaan yang ada di surah Al Fatihah 2. Siswa mengartikan dan mengkaji kandungan | 1. Melafalkan surah Al Fatihah dengan harakat dan makhraj yang benar | Tes lisan | Pelafalan | Lafalkan surah Al Fatihah! | 6 × 35 menit | 1. Tulisan surah Al Fatihah beserta artinya di karton 2. Tuliskan definisi hukum-hukum bacaan di karton 3. Buku pendidikan agama Islam jilid 4 bab 1 4. Buku tajwid 5. Buku-buku lain yang relevan 6. Kaset/CD Alquran tentang surah Al Fatihah 7. Pengalaman guru |
2. Menerapkan hukum bacaan yang ada di surah Al Fatihah (bacaan alif lam dan izhar) | Tes lisan | Pelafalan | Bacalah surah Al Fatihah sesuai dengan makhraj harakat dan hukum bacaan yang benar! | |||||
| | surah Al Fatihah serta kemudian menyebutkan isi pokok surah Al Fatihah 3. Siswa menulis kata dan kalimat surah Al Fatihah | 3. Mengartikan surah Al Fatihah dengan benar | Tes tulis | Jawaban singkat | Apa arti kalimat (ayat) اِهْدِنَالصِّرَاطَالْمُسْتَقِيْمَ؟ | | |
4. Menulis kata dan kalimat surah Al Fatihah dengan benar | Tes tulis | Jawaban singkat | اياك نعبد و اياك نستعين Salinlah lengkap dengan tanda bacanya yang benar! | |||||
5. Menyebutkan isi pokok surah Al Fatihah | Tes tulis | Essay | Sebutkan isi pokok dari ayat ke-2 surah Al Fatihah! | |||||
1.2 Membaca surah Al Ikhlas dengan lancer | Surah Al Ikhlas | 1 Siswa melafalkan surah Al Ikhlas secara klasikal, kelompok dan individu berdasarkan instruksi yang diberikan guru dengan menerapkan harakat, makhraj dan hukum bacaan yang ada di surah Al Ikhlas 2. Siswa mengartikan dan mengkaji kandungan surah Al Ikhlas, serta kemudian menyebutkan isi pokok surah Al Ikhlas 3. Siswa menulis kata dan kalimat surah Al ikhlas | 1. Melafalkan surah Al Ikhlas dengan harakat dan makhraj yang benar | Tes lisan | Pelafalan | Lafalkan surah Al Ikhlas dengan harakat dan makhraj yang benar! | 6 × 35 menit | 1. Tulisan surah Al Ikhlas beserta artinya di karton 2. Tulisan definisi hukum-hukum bacaan di karton 3. Buku pendidikan agama Islam jilid 4, bab 1 4. Buku Tajwid 5. Buku-buku lain yang relevan 6. Kaset/CD Alquran tentang surah Al Ikhlas 7. Pengalaman guru |
2. Menerapkan hukum bacaan yang ada di surah Al Ikhlas (bacaan qalqalah dan idgam) | Tes Lisan | Pelafalan | Bacalah surah Al Ikhlas sesuai dengan makhraj harakat dan hukum bacaan yang benar! | |||||
3. Mengartikan surah Al ikhlas dengan benar | Tes tulis | Jawaban singkat | Apa arti ayat لََمْ يَلِدْ وَ لَمْ يُوْلَدْ؟ | |||||
4. Menulis kata dan kalimat surah Al Ikhlas | Tes tulis | Jawaban singkat | ولم يكن له كفوا Apa arti ayat لََمْ يَلِدْ وَ لَمْ يُوْلَدْ؟ | |||||
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ), |
............ , ..................................... 20 ......
Mengetahui Guru Mapel Pendidikan Agama Islam
Kepala SD/MI dan SDLB.
( ..................................................... ) ( ........................................................... )
NIP. NIP.
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : ............................
Kelas : IV
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Semester : 1
Standar Kompetensi (Aqidah) : 2. Mengenal sifat jaiz Allah SWT
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Pembahasan | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
2.1 Menyebutkan sifat jaiz Allah SWT | Sifat-sifat Allah | 1. Siswa mengemukakan pendapatnya menjelaskan pengertian sifat jaiz bagi Allah SWT melalui forum diskusi dan menyebutkan sifat jaiz bagi Allah SWT secara klasikal, kelompok dan individu | 1. Menjelaskan pengertian sifat jaiz bagi Allah SWT | Tes tulis | Essay | Apakah definisi sifat jaiz bagi Allah SWT itu? | 3 × 35 menit | 1. Tulisan sifat jaiz bagi Allah SWT di karton atau papan tulis 2. Buku Pendidikan Agama Islam jilid 4, bab 2 3. Buku-buku lain yang relevan 4. Alquran (Juz Amma) 5. Pengalaman guru 6. Lingkungan sekitar |
2. Menyebutkan sifat jaiz bagi Allah SWT | Tes tulis | Jawaban singkat | Sifat jaiz bagi Allah ada satu, sebut kan! | |||||
2.2. Mengartikan sifat jaiz Allah SWT | SIfat-sifat Allah | 1. Siswa menunjukkan contoh sifat jaiz bagi Allah SWT. Siswa mengartikan sifat jaiz bagi Allah SWT secara klasikal dan individu, mengkaji dan membahas sifat jaiz dan sifat mustahil jaiznya serta membandingkannya dengan sifat wajib dan sifat mustahil Allah SWT melalui forum Tanya jawab dan diskusi | 1. Menunjukkan contoh sifat jaiz bagi Allah SWT | Tes lisan | Pilihan ganda | Semua yang terjadi terhadap makhluknya-Nya adalah ketentuan… a. Allah SWT b. Malaikat c. Nabi/ Rasul d. Manusia! | 2 × 35 menit | 1. Tulisan sifat jaiz bagi Allah SWT beserta artinya di karton atau papan tulis 2. Buku Pendidikan Agama Islam jilid 4, bab 2 3. Buku-buku lain yang relevan 4. Alquran (Juz Amma) 5. Pengalaman guru 6. Lingkungan sekitar |
2. Membedakan sifat jaiz, sifat wajib dan sifat mustahil Allah SWT | Tes lisan | Jawaban singkat | Disebut sifat apakah hak mutlak Allah SWT? | |||||
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ), |
............ , ..................................... 20 ......
Mengetahui Guru Mapel Pendidikan Agama Islam
Kepala SD/MI dan SDLB.
( ..................................................... ) ( ........................................................... )
NIP. NIP.
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : ............................
Kelas : 1V
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Semester : 1
Standar Kompetensi (Akhlak) : 3. Menceritakan kisah Nabi
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Pembahasan | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
3.1 Menceritakan kisah Nabi Adam AS | Kisah Nabi Adam AS | 1. Melalui forum Tanya jawab dan diskusi, siswa menceritakan kembali tentang asal mula Nabi Adam AS ketika menjadi manusia dan Nabi pertama berdasarkan bacaan referensi dan penjelasan guru 2. Melalui forum Tanya jawab dan diskusi siswa menceritakan kembali kehidupan Nabi Adam AS ketika di surga, dan sebab Nabi Adam dikeluarkan dari surga berdasarkan bacaan referensi dan penjelasan guru | 1. Menjelaskan asal kejadian Nabi Adam AS | Tes tulis | Jawaban singkat | Allah menciptakan Nabi Adam AS dari apa? | 3 × 35 menit | 1. Teks kisah Nabi Adam AS 2. Buku Pendidikan Agama Islam jilid 4, bab 3 3. Buku kisah Nabi Adam atau buku-buku lain yang relevan 4. Kaset atau CD tentang kisah-kisah Nabi 5. Alquran 6. Pengalaman guru 7. Lingkungan sekitar |
2. Menjelaskan Nabi Adam AS sebagai manusia dan Nabi yang pertama | Tes tulis | Jawaban singkat | Apa tugas Nabi Adam dimuka bumi? | |||||
3. Menjelaskan kehidupan Nabi Adam AS ketika di surga | Tes tulis | Jawaban singkat | Buah apakah yang dilarang oleh Allah untuk dimakan Adam dan Hawa? | |||||
4. Menjelaskan sebab Nabi Adam AS dikeluarkan dari surga | Tes tulis | Jawaban singkat | Siapakah yang membujuk Hawa untuk memakan buah khuldi? | |||||
3.2 Menceritakan kisah kelahiran Nabi Muhammad SAW | Kisah Nabi Muhammad SAW | 1. Melalui forum Tanya jawab dan diskusi, siswa menceritakan kembali peristiwa kelahiran Nabi Muhammad dan menyebutkan nasab/ keturuan Nabi berdasarkan bacaan referensidan penjelasan guru | 1. Menjelaskan peristiwa kelahiran Nabi Muhammad | Tes lisan | Essay | Peristiwa apakah yang terjadi ketika Nabi Muhammad dilahirkan | 6 × 35 menit | 1. Teks cerita kisah Nabi Muhammad SAW 2. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 4 bab 3 3. Buku kisah Nabi atau buku-buku lain yang relevan 4. Kaset/CD tentang kisah-kisah Nabi 5. Alquran 6. Pengalaman guru 7. Lingkungan sekitar |
2. Menyebutkan nasab/keturu nan Nabi Muhammad | Tes lisan | Jawaban singkat | Sebutkan nasab/keturunan Nabi Muhammad dari garis ayahnya! | |||||
3.3. Menceritakan perilaku masa kanak-kanak Nabi Muhammad SAW | Kisah Nabi Muhammad SAW | 1. Melalui forum Tanya jawab dan diskusi, siswa menjelaskan perilaku Nabi Muhammad di waktu kanak-kanak berdasarkan bacaan referensi dan penjelasan guru | 1. Menjelaskan perilaku Nabi Muhammad di waktu kanak-kanak | Tes lisan | Essay | Jelaskan bagaimana kehidupan Nabi Muhammad setelah kedua orang tuanya meninggal? | | 1. Teks cerita Nabi Muhammad SAW 2. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 4 bab 3 3. Buku kisah Nabi atau buku-buku lain yang relevan 4. Kaset/CD tentang kisah-kisah nabi 5. Alquran 6. Pengalaman guru 7. Lingkungan sekitar |
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ), |
............ , ..................................... 20 ......
Mengetahui Guru Mapel Pendidikan Agama Islam
Kepala SD/MI dan SDLB.
( ..................................................... ) ( ........................................................... )
NIP. NIP.
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : ............................
Kelas : 1V
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Semester : 1
Standar Kompetensi (Akhlak) : 4. Membiasakan perilaku terpuji
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Pembahasan | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
4.1 Meneladani perilaku taubatnya Nabi Adam AS | Kisah Nabi Adam AS | 1. Siswa melalui forum diskusi secara berkelompok dan individu mengemukakan pendapatnya mengenai taubatnya Nabi Adam AS yang patut diteladani | 1. Meneladani perilaku taubatnya Nabi Adam AS | Tes tulis | Jawaban singkat | Tulislah doa taubatnya Nabi Adam AS! | 3 × 35 menit | 1. Teks cerita kisah Nabi Adam AS 2. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 4 bab 4 3. Buku kisah Nabi atau buku-buku lain yang relevan 4. Kaset/CD tentang kisah-kisah Nabi 5. Alquran 6. Pengalaman guru 7. Lingkungan sekitar |
4.2 Meneladani perilaku masa kanak-kanak Nabi Muhammad SAW | Kisah Nabi Muhammad SAW | 1. Siswa secara klasikal, kelompok dan individu menyebutkan sifat-sifat Nabi Muhammad dan mengemukakan pendapatnya tentang sifat-sifat dan perilaku Nabi Muhammad yang patut diteladani melalui forum diskusi kelompok | 1. Menyebutkan sifat-sifat Nabi Muhammad | Tes tulis | Pilihan ganda | Yang bukan merupakan sifat-sifat Nabi Muhammad adalah . . .. a. jujur b. dipercaya c. kikir d. pemurah | 3 × 35 menit | 1. Teks cerita kisah Nabi Adam AS 2. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 4 bab 4 3. Buku kisah Nabi atau buku-buku lain yang relevan 4. Kaset/CD tentang kisah-kisah Nabi 5. Alquran 6. Pengalaman guru 7. Lingkungan sekitar |
2. Meneladani sifat-sifat Nabi Muhammad | Tes tulis | Jawaban singkat | Bolehkah kita menolong orang yang berlainan agama? | |||||
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ), |
............ , ..................................... 20 ......
Mengetahui Guru Mapel Pendidikan Agama Islam
Kepala SD/MI dan SDLB.
( ..................................................... ) ( ........................................................... )
NIP. NIP.
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : ............................
Kelas : 1V
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Semester : 1
Standar Kompetensi (Fiqih) : 5. Mengenal ketentuan-ketentuan salat
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Pembahasan | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
5.1 Menyebutkan rukun salat | Ketentuan salat | 1. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang pengertian rukun salat, dan berlatih menjelaskan pengerian rukun salat, serta secara klasikal, kelompok dan individu menyebutkan rukun salat dan bacaan salat dengan berurutan | 1. Menjelaskan pengertian rukun salat | Tes tulis | Essay | Apakah yang dimaksud dengan rukun salat? | 3 × 35 menit | 1. Gambar peraga keserasian gerakan dan bacaan salat pada karton 2. Tulisan rukun –rukun salat di karton 3. Buku tata cara salat 4. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 4 bab 5 5. Alquran (Juz Amma) 6. Kaset/CD gerakan dan bacaan salat 7. Pengalaman guru 8. Lingkungan sekitar |
2. Menunjukkan bacaan salat dengan benar | Tes tulis | Jawaban singkat | Sebutkan bacaan-bacaan salat dengan berurutan! | |||||
5.2 Menyebutkan sunah salat | Ketentuan salat | 1. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang pengertian sunah salat, dan berlatih menjelaskan definisi sunah salat, serta secara klasikal, kelompok dan individu menyebutkan sunah salat yang berupa gerakan (fi’liyah) dan perkataan (qauliyah) | 1. Menjelaskan pengertian sunah salat | Tes tulis | Essay | Jelaskan pengertian sunah salat yang telah kamu pelajari! | 3 × 35 menit | 1. Gambar peraga keserasian gerakan dan bacaan salat pada karton 2. Tulisan sunah-sunah salat di karton 3. Buku tata cara salat 4. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 4, bab 5 5. Alquran (Juz Amma) 6. Kaset/CD gerakan dan bacaan salat 7. Pengalaman guru 8. Lingkungan sekitar |
2. Menyebutkan sunah qauliyah dan fi’liyah salat | Tes tulis | Jawaban singkat | Sebutkan 3 macam sunah salat yang berupa gerakan (fi’liyah)! | |||||
5.3. Menyebutkan syarat sah dan syarat wajib salat | Ketentuan salat | 1. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang pengertian syarat sah dan syarat wajib salat, dan berlatih menjelaskan pengertiannya, serta menyebutkan syarat wajib dan syarat sah salat secara klasikal, kelompok dan individu 2. Siswa melalui forum diskusi dan tanya jawab membedakan antara rukun, sunah, dan syarat sah salat | 1. Menjelaskan pengertian syarat sah salat | Tes tulis | Essay | Apakah yang dimaksud dengan syarat sah salat? | 3 × 35 menit | 1. Gambar peraga keserasian gerakan dan bacaan salat pada karton 2. Tulisan syarat sah salat di karton 3. Buku tata cara salat 4. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 4, bab 5 5. Aluqran (Juz Amma) 6. Kaset/CD gerakan dan bacaan salat 7. Pengalaman guru 8. Lingkungan sekitar |
2. Menyebutkan syarat wajib salat dan syarat sah salat | Tes tulis | Jawaban singkat | Sebutkan tiga syarat sah salat! | |||||
3. Membedakan antara rukun, sunah dan syarat sah salat | Tes tulis | Pilihan ganda | Yang harus dikerjakan dalam salat dinamakan . . . a. syarat sah salat b. sunah salat c. rukun salat d. pembatal salat | |||||
5.4 Menyebutkan hal-hal yang membatalkan salat | Ketentuan salat | 1. Siswa menyebutkan hal-hal yang membatalkan salat dan berlatih menunjukkan contoh salat yang batal melalui forum Tanya jawab dengan guru | 1. Menyebutkan hal yang membatalkan salat | Tes tulis | Jawaban singkat | Sebutkan tiga hal yang membatalkan salat! | 3 x 35 menit | 1. Gambar peraga keserasian gerakan dan bacaan salat pada karton 2. Tulisan hal-hal yang membatalkan salat 3. Buku tata cara salat 4. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 4 halaman 5. Alquran (Juz Amma) 6. Kaset/CD gerakan dan bacaan salat 7. Pengalaman guru 8. Lingkungan sekitar |
2. Menunjukkan contoh salat yang batal | Tes tulis | Pilihan ganda | Buang angin (kentut) termasuk hadas . . .. a. besar b. sedang c. kecil d. berat | |||||
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ), | ||||||||
Latihan Semester I | | | | | | | 2 x 35 menit | |
............ , .....................20 ......
Mengetahui Guru Mapel Pendidikan Agama Islam
Kepala SD/MI dan SDLB.
( ..................................................... ) ( ........................................................... )
NIP. NIP.