loading...

Thursday, November 22, 2012

MISI PENDIDIKAN DASAR


Terdapat beberapa prinsip yang harus diperhatikan oleh para pendidik di sekolah dasar dalam rangka merealisasikan misi pendidikan dasar, di antaranya adalah:
Pertama, sekolah harus bersungguh-sungguh memelihara fitrah anak (al-muhafayah). Untuk melindungi prinsip ini, setiap guru harus berusaha semaksimal mungkin untuk menjaga dan memelihara keadaan fitrah anak, yaitu beriman kepada Allah Swt.
Kedua, mengembangkan potensi anak (at-tanmiyah). Setiap guru wajib sadar bahwa setiap anak memiliki potensi luar biasa bila distimulasi dengan baik sejak dini, karena perkembangan intelektual anak dapat mencapai masa keemasan pada masa usia anak-anak. Anak juga memiliki keingintahuan yang kuat pada usia-usia tersebut, sehingga memungkinkan untuk memberikan banyak hal di usia dini.
Ketiga, ada arahan yang jelas (at-taujih). Setiap anak harus diarahkan menuju kesempurnaan dan kebaikan. Setiap guru wajib mendukung proses perkembangan didik anak yang masih bersifat imitasi danmencari model panutan, dengan suatu arahan yang jelas, edukatif dan sangat membant menemuka karakter manusia yang shaleh.
Keempat, bertahap (at-tadarruj). Mendidik anak tidaklah semudah membalikan telapak tangan alias “bimsalabim” dan langsung jadi seperti yang diharapkan. Tetapi mendidik anak butuh proses yang panjang, butuh keuletan, kesabaran, dan ketelatenan. Dan prinsip yang penting yang tidak boleh dilupakan oleh setiap guru dalam mendidik anak-anak agar memperoleh hasil yang optimal adalah at-tadarruj atau tahapan dalam mendidik. Setiap guru perlu mengajarkan kepada anak-anak suatu materi yang mudah terlebih dahulu, baru menuju materi yang berat. Di samping perlu memperhatikan materi apa yang layak dan patut diajarkan kepada anak-anak, tentu saja disesuaikan dengan perkembangan usia mereka.



No comments:

Post a Comment