Saturday, August 25, 2012

SILABUS BTQ KELAS VII SMT I


SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                         :  MTs. Negeri Cisontrol
Mata Pelajaran                         :  Mulok Baca Tulis Al-Qur’an ( BTQ )
Kelas/Semester                        :  VII/1
Standar Kompetensi     :  1. Mampu membaca, menulis, dan melapalkan serta memahami kandungan Al-Qur’an pada Surat-Surat Pendek (An-Naas – Al-Fiil)
Karakter Siswa               :
·         Teliti dalam membaca/memahami materi pembelajaran
·         Kreatif dalam mengembangkan materi pembelajaran
·         Konstruktif dalam membangun konsep
·         Responsif terhadap materi pembelajaran
·         Reflektif sebagai struktur pengetahuan baru yang merupakan pengayaan atau revisi dari pengetahuan sebelumnya

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok
Indikator
Kegiatan
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/Bahan/
Alat
2.1   Membaca, menulis, malafalkan (menghafal) serta memahami isi kandungan ayat Al-Qur’an Surat An-Naas dan Al-Falaq



Qur’an Surat An-Naas dan Al-Falaq;
    Mampu membaca QS An-Naas dan Al-Falaq
    Melafalkan  (menghafal) QS An-Naas dan Al-Falaq;
    Menuliskan dan menterjemahkan QS An-Naas dan Al-Falaq;
   Menjelaskan hukum bacaan (tajwid)yang terdapat dalam QS An-Naas dan Al-Falaq;
    Menunjukan perilaku yang sesuai dengan QS An-Naas dan Al-Falaq.

   Membacakan dan diikuti bersama QS An-Naas dan Al-Falaq dengan fasih dan tartil
   Melafalkan dengan cara dihafal QS An-Naas dan Al-Falaq setiap siswa;
   Menuliskan secara benar QS An-Naas dan Al-Falaq di papan tulis;
   Siswa diminta untuk menterjemahkan QSAn-Naas dan Al-Falaq dengan menyalin pada buku Al-Qur’an dan Terjemahannya;
   Menjelaskan hukum bacaan (tajwid) yang terdapat pada QS An-Naas dan Al-Falaq;
   Menjelaskan dan menerangkan isi kandungan yang terdapat dalam QS An-Naas dan Al-Falaq;

  Tes lisan;
  Tes Tulisan;
  Kuis;
  Praktek
..x 40’’
   Al-Qur’an dan terjemahnya;
   Zuz Ama;
   Buku Tajwid;
   Buku-buku yang relevan

2.2   Membaca, menulis, malafalkan (menghafal) serta memahami isi kandungan ayat Al-Qur’an Surat Al-Ikhlas dan Al-Lahab



Qur’an Surat Al-Ikhlas dan Al-Lahab
    Mampu membaca QS Al-Ikhlas dan Al-Lahab;
    Melafalkan  (menghafal) QS Al-Ikhlas dan Al-Lahab;
    Menuliskan dan menterjemahkan QS Al-Ikhlas dan Al-Lahab;
   Menjelaskan hukum bacaan (tajwid)yang terdapat dalam QS Al-Ikhlas dan Al-Lahab;
    Menunjukan perilaku yang sesuai dengan QS Al-Ikhlas dan Al-Lahab.

   Membacakan dan diikuti bersama QS  Al-Ikhlas dan Al-Lahab dengan fasih dan tartil
   Melafalkan dengan cara dihafal QS  Al-Ikhlas dan Al-Lahab setiap siswa;
   Menuliskan secara benar QS Al-Ikhlas dan Al-Lahab di papan tulis;
   Siswa diminta untuk menterjemahkan QS Al-Ikhlas dan Al-Lahab dengan menyalin pada buku Al-Qur’an dan Terjemahannya;
   Menjelaskan hukum bacaan (tajwid) yang terdapat pada QS Al-Ikhlas dan Al-Lahab;
   Menjelaskan dan menerangkan isi kandungan yang terdapat dalam QS Al-Ikhlas dan Al-Lahab

  Tes lisan;
  Tes Tulisan;
  Kuis;
  Praktek
..x 40’’
   Al-Qur’an dan terjemahnya;
   Zuz Ama;
   Buku Tajwid;
   Buku-buku yang relevan

2.3   Membaca, menulis, malafalkan (menghafal) serta memahami isi kandungan ayat Al-Qur’an Surat An-Nashr dan Al-Kafirun



Qur’an Surat An-Nashr dan Al-Kafirun
    Mampu membaca QS An-Nashr dan Al-Kafirun;
    Melafalkan  (menghafal) QS An-Nashr dan Al-Kafirun;
    Menuliskan dan menterjemahkan QS An-Nashr dan Al-Kafirun;
   Menjelaskan hukum bacaan (tajwid)yang terdapat dalam QS  An-Nashr dan Al-Kafirun;
    Menunjukan perilaku yang sesuai dengan QS An-Nashr dan Al-Kafirun.

   Membacakan dan diikuti bersama QS An-Nashr dan Al-Kafirun dengan fasih dan tartil
   Melafalkan dengan cara dihafal QS An-Nashr dan Al-Kafirun setiap siswa;
   Menuliskan secara benar QS  An-Nashr dan Al-Kafirun di papan tulis;
   Siswa diminta untuk menterjemahkan QS An-Nashr dan Al-Kafirun dengan menyalin pada buku Al-Qur’an dan Terjemahannya;
   Menjelaskan hukum bacaan (tajwid) yang terdapat pada QS An-Nashr dan Al-Kafirun;
   Menjelaskan dan menerangkan isi kandungan yang terdapat dalam QS An-Nashr dan Al-Kafirun

  Tes lisan;
  Tes Tulisan;
  Kuis;
  Praktek
..x 40’’
   Al-Qur’an dan terjemahnya;
   Zuz Ama;
   Buku Tajwid;
   Buku-buku yang relevan

2.4   Membaca, menulis, malafalkan (menghafal) serta memahami isi kandungan ayat Al-Qur’an Surat Al-Kautsar dan Al-Maa’un



Qur’an Surat Al-Kautsar dan Al-Maa’un
    Mampu membaca QS Al-Kautsar dan Al-Maa’un;
    Melafalkan  (menghafal) QS Al-Kautsar dan Al-Maa’un;
    Menuliskan dan menterjemahkan QS Al-Kautsar dan Al-Maa’un;
   Menjelaskan hukum bacaan (tajwid)yang terdapat dalam QS Al-Kautsar dan Al-Maa’un;
    Menunjukan perilaku yang sesuai dengan QS . Al-Kautsar dan Al-Maa’un

   Membacakan dan diikuti bersama QS  Al-Kautsar dan Al-Maa’un dengan fasih dan tartil
   Melafalkan dengan cara dihafal QS  Al-Kautsar dan Al-Maa’un setiap siswa;
   Menuliskan secara benar QS  Al-Kautsar dan Al-Maa’un di papan tulis;
   Siswa diminta untuk menterjemahkan QS  Al-Kautsar dan Al-Maa’un dengan menyalin pada buku Al-Qur’an dan Terjemahannya;
   Menjelaskan hukum bacaan (tajwid) yang terdapat pada QS Al-Kautsar dan Al-Maa’un;
   Menjelaskan dan menerangkan isi kandungan yang terdapat dalam QS Al-Kautsar dan Al-Maa’un
  Tes lisan;
  Tes Tulisan;
  Kuis;
  Praktek
..x 40’’
   Al-Qur’an dan terjemahnya;
   Zuz Ama;
   Buku Tajwid;
   Buku-buku yang relevan

2.5   Membaca, menulis, malafalkan (menghafal) serta memahami isi kandungan ayat Al-Qur’an Surat Al-Quraisy dan al-Fiil



Qur’an Surat Al-Quraisy dan Al-Fiil

    Mampu membaca QS Al-Quraisy dan al-Fiil;
    Melafalkan  (menghafal) QS Al-Quraisy dan al-Fiil;
    Menuliskan dan menterjemahkan QS; Al-Quraisy dan al-Fiil;
   Menjelaskan hukum bacaan (tajwid)yang terdapat dalam QS Al-Quraisy dan al-Fiil;
    Menunjukan perilaku yang sesuai dengan QS  . Al-Quraisy dan al-Fiil


   Membacakan dan diikuti bersama QS Al-Quraisy dan al-Fiil dengan fasih dan tartil
   Melafalkan dengan cara dihafal QS Al-Quraisy dan al-Fiil setiap siswa;
   Menuliskan secara benar QS  Al-Quraisy dan al-Fiil di papan tulis;
   Siswa diminta untuk menterjemahkan QS Al-Quraisy dan al-Fiil dengan menyalin pada buku Al-Qur’an dan Terjemahannya;
  Menjelaskan hukum bacaan (tajwid) yang terdapat pada QS Al-Quraisy dan al-Fiil;
   Menjelaskan dan menerangkan isi kandungan yang terdapat dalam QS Al-Quraisy dan al-Fiil.

  Tes lisan;
  Tes Tulisan;
  Kuis;
  Praktek
..x 40’’
   Al-Qur’an dan terjemahnya;
   Zuz Ama;
   Buku Tajwid;
   Buku-buku yang relevan




Mengetahui
Kepala Madrasah,




Oman Suparman, S. Ag, M. Pd. I
NIP. 19610813 198803 1 004

Cisontrol,  Juli 2012
Guru Mata Pelajaran,





Toni Faturokhman, S.Pd.I

No comments:

Post a Comment