loading...

Tuesday, August 28, 2012

SILABUS PEMBELAJARAN PAI KELAS V SMT I


SILABUS  PEMBELAJARAN


Sekolah               :   ............................
Kelas                   :   V
Semester              :   1
Mata Pelajaran     :   Pendidikan Agama Islam
Standar kompetensi (Alquran) : 1. Mengartikan Alquran surah pendek pilihan

Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Pembahasan
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

1.1 Membaca QS Al Lahab dan Al Kafirun

Surah Al Lahab dan Al Kafirun

1 Siswa membaca Surah Al Lahab dan Al Kafirun sesuai dengan harakat dan makhraj yang benar secara klasikal, kelompok dan individu serta berlatih menerapkan hukum bacaan yang ada pada surah tersebut.


1Membaca Surah al Lahab dan Al Kafirun dengan harakat dan makhraj yang benar

Tes lisan

Pelafalan












1. Lafalkan Surah Al Lahab dan Al Kafirun sesuai dengan makhraj dan harakat yang benar!


3 x 35 menit
























1.  Teks lafal Surah Al Lahab dan Al Kafirun di karton atau papan tulis
2. Tulisan hukum -hukum bacaan yang ada di Surah Al Lahab dan Al Kafirun
3.   Buku tajwid
4.   Buku Pendidikan Agama Islam jilid 5  hal
5.   Alquran (juz amma)
6.   Kaset atau CD    tentang cara baca Alquran
7.   Pengalaman guru


2. Mengulang-ulang membaca Surah Al lahab dan Al Kafirun dengan harakat dan makhraj yang benar

Tes lisan

Pelafalan

2.  Lafalkan Surah Al Lahab dan Al Kafirun dengan  menerapkan hukum bacaan yang ada pada surah tersebut!
(Lihat Buku Pendidikan Agama Islam SD jl. 5   halaman    )


1.2 Mengartikan QS Al Lahab dan Al Kafirun

Surah Al Lahab dan Al Kafirun

1.   Siswa mengartikan Surah Al Lahab dan Al Kafirun secara klasikal, kelompok dan individu dan mengkaji isi pokok dalam kedua surah tersebut
2. Siswa menghafal Surah Al Lahab dan Al Kafirun

1. .Mengartikan  Surah Al lahab dan AlKafirun

Tes tulis

Pemaknaan

1. Artikan ayat-ayat di bawah ini:
a. Ayat 2 Surah Al Lahab
b. Ayat 5 Surah Al Kafirun
c. Ayat 4 Surah Al Lahab


 6 x 35 menit

1. Teks lafal Surah Al Lahab dan Al Kafirun  beserta artinya  di karton atau papan tulis
2.   Buku tajwid
3.   Buku Pendidikan Agama Islam jilid 5  hal
4.   Alquran (juz amma)
5.   Kaset atau CD    tentang cara baca Alquran
6.   Pengalaman guru

2. Menunjukkan hafal Surah Al Lahab dan Al Kafirun

Tes lisan

Hafalan

2. Hafalkan Surah Al Lahab dan Al Kafirun!
Karakter siswa yang diharapkan  :  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ),


SILABUS  PEMBELAJARAN


Sekolah               :   ............................
Kelas                   :   V
Semester              :   1
Mata Pelajaran     :   Pendidikan Agama Islam
Standar kompetensi (Aqidah): 2. Mengenal kitab-kitab Allah SWT

Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Pembahasan
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

2.1 Menyebutkan nama-nama kitab Allah SWT

Kitab-kitab Allah SWT

1. Siswa mengemukakan pendapatnya tentang definisi beriman kepada  kitab-kitab Allah SWT dan meyebutkan nama-nama kitab Allah SWT secara klasikal, kelompok, dan individu.

1. Menjelaskan definisi beriman kepada kitab-kitab Allah SWT


Tes tulis

Essay

1. Apa definisi beriman kepada kitab-kitab Allah SWT?

 3 x 35 menit



1. Tulisan nama-nama kitab suci Allah SWT di karton atau papan tulis
2. Buku Pendidikan Agama Islam jilid 5  hal
3. Alquran (juz amma)
4. Pengalaman guru
5. Lingkungan sekitar



2. Menyebutkan nama-nama kitab Allah SWT


Tes tulis

Jawaban singkat

2. Sebutkan 4 dari kitab suci yang tergolong kitab samawi!

2.2 Menyebutkan nama-nama Rasul yang menerima kitab-kitab Allah SWT

Kitab-kitab Allah SWT

1. Siswa menyebutkan nama-nama Rasul yang menerima kitab-kitab Allah SWT secara klasikal, kelompok dan individu.

1. Menyebutkan nama-nama Rasul yang menerima kitab-kitab Allah SWT


Tes tulis

Jawaban singkat

1. Sebutkan nama-nama Rasul yang menerima kitab-kitab Allah SWT!



 3 x 35 menit


1. Tulisan nama-nama kitab suci Allah SWT dan nama-nama Rasul yang menerima kitab-kitab tersebut di karton atau papan tulis.
2. Buku Pendidikan Agama Islam jilid 5  hal
3. Alquran (Juz amma)
4. Pengalaman guru
5. Lingkungan sekitar


2.3 Menjelaskan Alquran sebagai kitab suci terakhir

Kitab-kitab Allah SWT

1. Siswa mengemukakan pendapatnya tentang definisi kitab suci Alquran dan kedudukannya bagi umat Islam melalui forum tanya jawab dan diskusi kelompok

1. Menjelaskan pengertian kitab suci Alquran

2. Menjelaskan bahwa Alquran merupakan pedoman umat Islam

Tes tulis

Tes tulis

Essay

Jawaban singkat

1. Apa yang dimaksud dengan kitab suci Alquran?

2. Bagaimana  kedudukan Alquran sebagai kitab suci terakhir yang merupakan pedoman hidup bagi umatIslam?

 3 x 35 menit

1. Tulisan nama-nama kitab suci Allah SWT dan nama-nama Rasul yang menerimanya di karton atau papan tulis
2. Buku Pendidikan Agama Islam jilid 5  hal
3. Alquran (juz amma)
4. Pengalaman guru
5. Lingkungan sekitar

Karakter siswa yang diharapkan  :  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ),






SILABUS  PEMBELAJARAN


Sekolah               :   ............................
Kelas                   :   V
Semester              :   1
Mata Pelajaran     :   Pendidikan Agama Islam
Standar kompetensi (Tarikh): 3. Menceritakan kisah Nabi

Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Pembahasan
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

3.1 Menceritakan kisah Nabi Ayyub AS

Kisah Nabi Ayyub AS

1. Siswa berlatih menceritakan kembali kisah Nabi Ayyub AS berdasarkan penjelasan guru dan bacaan dari buku referensi melalui forum tanya jawab dan diskusi serta menyebutkan cobaan-cobaan yang dialami Nabi Ayyub AS berdasarkan materi yang telah dipelajari.

1. Menceritakan kisah Nabi Ayyub AS

Tes tulis

Essay

1. Ceritakan dengan singkat bagaimana cara Allah menyembuhkan penyakit Nabi Ayyub AS?

 3 x 35 menit


1. Teks kisah Nabi Ayyub AS di karton
2. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 5,  hal
3. Buku cerita tentang kisah-kisah Nabi
4. Kaset/CD    tentang kisah-kisah Nabi
5. Alquran (Juz amma)
6. Pengalaman guru
7. Lingkungan sekitar

2. Menyebutkan cobaan-cobaan yang dialami Nabi Ayyub AS

Tes tulis

Pilihan ganda

2. Nabi Ayyub AS dijauhi oleh para tetangganya dan kerabatnya karena…
a. buta
b. miskin
c. memiliki penyakit kulit

3.2 Menceritakan kisah Nabi Musa As




Kisah Nabi Musa AS




1. Siswa berlatih menceritakan kembali kisah Nabi  Musa AS berdasarkan penjelasan guru dan bacaan dari buku referensi melalui forum tanya jawab dan diskusi serta menyebutkan mukjizat-mukjizat Nabi  Musa AS berdasarkan materi yang telah dipelajari.

1. Menceritakan kisah Nabi Musa AS


Tes tulis



Essay




1. Bagaimana peristiwa yang dialami Nabi Musa AS ketika belajar dengan Nabi Khizir?


 3 x 35 menit



1. Teks kisah Nabi Musa AS di karton
2. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 5,  hal
3. Buku cerita tentang kisah-kisah Nabi
4. Kaset/CD    tentang kisah-kisah Nabi
5. Alquran (Juz amma)
6. Pengalaman guru
7. Lingkungan sekitar


2.  Menyebutkan mukjizat Nabi Musa AS

Tes tulis

Pilihan ganda

2. Mukjizat Allah kepada Nabi Musa diantaranya adalah tongkat yang dapat berubah menjadi…
a.  mutiara
b.  ular
c.  laba-laba

3.3 Menceritakan kisah Nabi Isa As

Kisah Nabi Isa AS

1. Siswa berlatih menceritakan kembali kisah Nabi Isa AS berdasarkan penjelasan guru dan bacaan dari buku referensi melalui forum tanya jawab dan diskusi serta menyebutkan mukjizat-mukjizat Nabi Isa AS berdasarkan materi yang telah dipelajari.

1Menceritakan kisah Nabi Isa AS



Tes tulis

Essay

1. Ceritakan dengan singkat perjuangan Nabi Isa dalam berdakwah kepada para pendeta Yahudi!

3 × 35 menit


1. Teks kisah Nabi Isa AS di karton
2. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 5,  hal
3. Buku cerita tentang kisah-kisah Nabi
4. Kaset/CD    tentang kisah-kisah Nabi
5. Alquran (Juz amma)
6. Pengalaman guru
7. Lingkungan sekitar


2. Menyebutkan mukjizat Nabi Isa AS




Tes tulis






Pilihan ganda






2. Mukjizat dapat menghidupkan orang yang telah mati dimiliki oleh Nabi…
a. Musa AS
b. Muhammad AS
c. Isa AS
Karakter siswa yang diharapkan  :  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ),



SILABUS  PEMBELAJARAN


Sekolah               :   ............................
Kelas                   :   V
Mata Pelajaran     :   Agama Islam
Semester              :   1
Standar kompetensi(Akhlak): 4. Membiasakan perilaku terpuji

Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Pembahasan

Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi waktu

Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

4.1 Meneladani perilaku Nabi Ayyub AS

Keteladanan Nabi Ayyub AS

1. Siswa mengemukakan pendapatnya tentang sikap tabah yang dimiliki Nabi Ayyub AS yang patut diteladani  melalui forum diskusi  dan tanya jawab serta menerapkan perilaku tabah dalam keseharian.

1. Menunjukkan sikap meneladani ketabahan Nabi Ayyub AS ketika menerima cobaaan Allah SWT

Tes tulis

Essay

Bagaimana cara meneladani ketabahan Nabi Ayyub As dalam keseharianmu?

 3 x 35 menit


1. Teks kisah Nabi Ayyub AS di karton
2. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid  5,  hal
3. Buku cerita tentang kisah-kisah Nabi
4. Kaset/CD    tentang kisah-kisah Nabi
5. Alquran (Juz amma)
6. Pengalaman guru
7. Lingkungan sekitar


4.2 Meneladani perilaku Nabi Musa AS




Keteladanan Nabi Musa AS




1. Siswa mengemukakan pendapatnya tentang keteguhan iman Nabi Musa AS dalam menjalankan perintah Allah  SWT dan keberaniannya melawan Raja Fir`aun melalui forum diskusi dan tanya jawab serta meneladani perilaku-perilaku tersebut dalam praktik keseharian.

1. Meneladani keteguhan iman Nabi Musa AS terhadap Allah SWT

Tes tulis

Essay

Cobaan apa saja yang dihadapi Nabi Musa dalam menjalankan perintah Allah SWT?

3 x 35 menit








1. Teks kisah Nabi Musa AS di karton
2. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid  5,  hal
3. Buku cerita tentang kisah-kisah Nabi
4. Kaset/CD    tentang kisah-kisah Nabi
5. Alquran (Juz amma)
6. Pengalaman guru
7. Lingkungan sekitar
2. Meneladani keberanian Nabi Musa AS melawan Raja Fir`aun.
Tes tulis
Jawaban singkat
Bagaimana usahamu agar memiliki keberanian seperti Nabi Musa AS?

4.3  Meneladani perilaku Nabi Isa AS

Keteladanan Nabi Isa As

1. Siswa mengemukakan pendapatnya tentang keteguhan iman Nabi Isa AS dalam menjalankan perintah Allah  SWT dan sifat penolongnya terhadap kaumnya melalui forum diskusi dan tanya jawab serta meneladani perilaku-perilaku tersebut dalam praktik keseharian.

1. Meneladani keteguhan  iman Nabi Isa AS terhadap Allah SWT

2. Meneladani sifat penolong Nabi Isa As terhadap kaumnya

Tes tulis







Tes tulis

Essay







Jawaban singkat

1. Ceritakan dengan singkat bagaimana sikap Nabi Isa AS dalam mengajak kaumnya untuk menyembah Allah SWT?

2. Pernahkah kamu menolong temanmu? Ceritakan dengan singkat!

 3 x 35 menit


1. Teks kisah Nabi Isa AS di karton
2. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 5,  hal
3. Buku cerita tentang kisah-kisah Nabi
4. Kaset/CD    tentang kisah-kisah Nabi
5. Alquran (Juz amma)
6. Pengalaman guru
7. Lingkungan sekitar

Karakter siswa yang diharapkan  :  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ),

SILABUS  PEMBELAJARAN


Sekolah               :   ............................
Kelas                   :   V
Semester              :   1
Mata Pelajaran     :   Pendidikan Agama Islam
Standar kompetensi (Fiqih): 5. Mengumandangkan azan dan iqamah


Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Pembahasan
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

5.1 Melakukan azan dan iqamah sebelum salat dengan benar




Lafal azan dan iqamah



1. Siswa melafalkan azan dan iqamah secara klasikal dan kelompok mengikuti bacaan guru, menghafalkan lafal azan dan iqamah serta mempraktikkan tatacara azan dan iqamah secara kelompok dan individu di depan kelas.



1. Melafalkan azan dan iqamah 

Tes lisan

Pelafalan

1. Lafalkan bacaan azan dan iqamah dengan benar!

6 × 35 menit






1. Teks bacaan lafal azan dan iqamah
2. Gambar peraga tentang tatacara azan dan iqamah
3. Teks lafal jawaban azan dan doa setelah azan
4. Buku Pendidikan Agama Islam jilid 5 , hal
5.  Kaset/CD    tentang cara azan dan iqamah
6. Alquran (Juz Amma)
7. Pengalaman guru



2. Menunjukkan hafal lafal azan dan iqamah

Tes lisan

hafalan

2. Hafalkan bacaan lafal azan dan iqamah!

3.  Mempraktikkan azan dan iqamah ketika hendak salat

Praktik

Praktik

3. Praktikkan tatacara azan dan iqamah untuk Salat Subuh! (Lihat Buku Pendidikan Agama Islam SD jl.5  halaman)

Karakter siswa yang diharapkan  :  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ),
Latihan Semester I (halaman    )






2 x 35 menit



............ , .....................20 ......
Mengetahui                                                                                                                                                                                        Guru Mapel Pendidikan Agama Islam
Kepala SD/MI dan SDLB.




( ..................................................... )                                                                                                                                                  ( ........................................................... )
NIP.                                                                                                                                                                                                    NIP.

No comments:

Post a Comment