SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : ............................
Kelas : V
Semester : 1
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Standar kompetensi (Alquran) : 1. Mengartikan Alquran surah pendek pilihan
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Pembahasan | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
1.1 Membaca QS Al Lahab dan Al Kafirun | Surah Al Lahab dan Al Kafirun | 1 Siswa membaca Surah Al Lahab dan Al Kafirun sesuai dengan harakat dan makhraj yang benar secara klasikal, kelompok dan individu serta berlatih menerapkan hukum bacaan yang ada pada surah tersebut. | 1Membaca Surah al Lahab dan Al Kafirun dengan harakat dan makhraj yang benar | Tes lisan | Pelafalan | 1. Lafalkan Surah Al Lahab dan Al Kafirun sesuai dengan makhraj dan harakat yang benar! | 3 x 35 menit | 1. Teks lafal Surah Al Lahab dan Al Kafirun di karton atau papan tulis 2. Tulisan hukum -hukum bacaan yang ada di Surah Al Lahab dan Al Kafirun 3. Buku tajwid 4. Buku Pendidikan Agama Islam jilid 5 hal 5. Alquran (juz amma) 6. Kaset atau CD tentang cara baca Alquran 7. Pengalaman guru |
2. Mengulang-ulang membaca Surah Al lahab dan Al Kafirun dengan harakat dan makhraj yang benar | Tes lisan | Pelafalan | 2. Lafalkan Surah Al Lahab dan Al Kafirun dengan menerapkan hukum bacaan yang ada pada surah tersebut! (Lihat Buku Pendidikan Agama Islam SD jl. 5 halaman ) | |||||
1.2 Mengartikan QS Al Lahab dan Al Kafirun | Surah Al Lahab dan Al Kafirun | 1. Siswa mengartikan Surah Al Lahab dan Al Kafirun secara klasikal, kelompok dan individu dan mengkaji isi pokok dalam kedua surah tersebut 2. Siswa menghafal Surah Al Lahab dan Al Kafirun | 1. .Mengartikan Surah Al lahab dan AlKafirun | Tes tulis | Pemaknaan | 1. Artikan ayat-ayat di bawah ini: a. Ayat 2 Surah Al Lahab b. Ayat 5 Surah Al Kafirun c. Ayat 4 Surah Al Lahab | 6 x 35 menit | 1. Teks lafal Surah Al Lahab dan Al Kafirun beserta artinya di karton atau papan tulis 2. Buku tajwid 3. Buku Pendidikan Agama Islam jilid 5 hal 4. Alquran (juz amma) 5. Kaset atau CD tentang cara baca Alquran 6. Pengalaman guru |
2. Menunjukkan hafal Surah Al Lahab dan Al Kafirun | Tes lisan | Hafalan | 2. Hafalkan Surah Al Lahab dan Al Kafirun! | |||||
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ), |
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : ............................
Kelas : V
Semester : 1
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Standar kompetensi (Aqidah): 2. Mengenal kitab-kitab Allah SWT
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Pembahasan | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
2.1 Menyebutkan nama-nama kitab Allah SWT | Kitab-kitab Allah SWT | 1. Siswa mengemukakan pendapatnya tentang definisi beriman kepada kitab-kitab Allah SWT dan meyebutkan nama-nama kitab Allah SWT secara klasikal, kelompok, dan individu. | 1. Menjelaskan definisi beriman kepada kitab-kitab Allah SWT | Tes tulis | Essay | 1. Apa definisi beriman kepada kitab-kitab Allah SWT? | 3 x 35 menit | 1. Tulisan nama-nama kitab suci Allah SWT di karton atau papan tulis 2. Buku Pendidikan Agama Islam jilid 5 hal 3. Alquran (juz amma) 4. Pengalaman guru 5. Lingkungan sekitar |
2. Menyebutkan nama-nama kitab Allah SWT | Tes tulis | Jawaban singkat | 2. Sebutkan 4 dari kitab suci yang tergolong kitab samawi! | |||||
2.2 Menyebutkan nama-nama Rasul yang menerima kitab-kitab Allah SWT | Kitab-kitab Allah SWT | 1. Siswa menyebutkan nama-nama Rasul yang menerima kitab-kitab Allah SWT secara klasikal, kelompok dan individu. | 1. Menyebutkan nama-nama Rasul yang menerima kitab-kitab Allah SWT | Tes tulis | Jawaban singkat | 1. Sebutkan nama-nama Rasul yang menerima kitab-kitab Allah SWT! | 3 x 35 menit | 1. Tulisan nama-nama kitab suci Allah SWT dan nama-nama Rasul yang menerima kitab-kitab tersebut di karton atau papan tulis. 2. Buku Pendidikan Agama Islam jilid 5 hal 3. Alquran (Juz amma) 4. Pengalaman guru 5. Lingkungan sekitar |
2.3 Menjelaskan Alquran sebagai kitab suci terakhir | Kitab-kitab Allah SWT | 1. Siswa mengemukakan pendapatnya tentang definisi kitab suci Alquran dan kedudukannya bagi umat Islam melalui forum tanya jawab dan diskusi kelompok | 1. Menjelaskan pengertian kitab suci Alquran 2. Menjelaskan bahwa Alquran merupakan pedoman umat Islam | Tes tulis Tes tulis | Essay Jawaban singkat | 1. Apa yang dimaksud dengan kitab suci Alquran? 2. Bagaimana kedudukan Alquran sebagai kitab suci terakhir yang merupakan pedoman hidup bagi umatIslam? | 3 x 35 menit | 1. Tulisan nama-nama kitab suci Allah SWT dan nama-nama Rasul yang menerimanya di karton atau papan tulis 2. Buku Pendidikan Agama Islam jilid 5 hal 3. Alquran (juz amma) 4. Pengalaman guru 5. Lingkungan sekitar |
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ), |
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : ............................
Kelas : V
Semester : 1
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Standar kompetensi (Tarikh): 3. Menceritakan kisah Nabi
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Pembahasan | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
3.1 Menceritakan kisah Nabi Ayyub AS | Kisah Nabi Ayyub AS | 1. Siswa berlatih menceritakan kembali kisah Nabi Ayyub AS berdasarkan penjelasan guru dan bacaan dari buku referensi melalui forum tanya jawab dan diskusi serta menyebutkan cobaan-cobaan yang dialami Nabi Ayyub AS berdasarkan materi yang telah dipelajari. | 1. Menceritakan kisah Nabi Ayyub AS | Tes tulis | Essay | 1. Ceritakan dengan singkat bagaimana cara Allah menyembuhkan penyakit Nabi Ayyub AS? | 3 x 35 menit | 1. Teks kisah Nabi Ayyub AS di karton 2. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 5, hal 3. Buku cerita tentang kisah-kisah Nabi 4. Kaset/CD tentang kisah-kisah Nabi 5. Alquran (Juz amma) 6. Pengalaman guru 7. Lingkungan sekitar |
2. Menyebutkan cobaan-cobaan yang dialami Nabi Ayyub AS | Tes tulis | Pilihan ganda | 2. Nabi Ayyub AS dijauhi oleh para tetangganya dan kerabatnya karena… a. buta b. miskin c. memiliki penyakit kulit | |||||
3.2 Menceritakan kisah Nabi Musa As | Kisah Nabi Musa AS | 1. Siswa berlatih menceritakan kembali kisah Nabi Musa AS berdasarkan penjelasan guru dan bacaan dari buku referensi melalui forum tanya jawab dan diskusi serta menyebutkan mukjizat-mukjizat Nabi Musa AS berdasarkan materi yang telah dipelajari. | 1. Menceritakan kisah Nabi Musa AS | Tes tulis | Essay | 1. Bagaimana peristiwa yang dialami Nabi Musa AS ketika belajar dengan Nabi Khizir? | 3 x 35 menit | 1. Teks kisah Nabi Musa AS di karton 2. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 5, hal 3. Buku cerita tentang kisah-kisah Nabi 4. Kaset/CD tentang kisah-kisah Nabi 5. Alquran (Juz amma) 6. Pengalaman guru 7. Lingkungan sekitar |
2. Menyebutkan mukjizat Nabi Musa AS | Tes tulis | Pilihan ganda | 2. Mukjizat Allah kepada Nabi Musa diantaranya adalah tongkat yang dapat berubah menjadi… a. mutiara b. ular c. laba-laba | |||||
3.3 Menceritakan kisah Nabi Isa As | Kisah Nabi Isa AS | 1. Siswa berlatih menceritakan kembali kisah Nabi Isa AS berdasarkan penjelasan guru dan bacaan dari buku referensi melalui forum tanya jawab dan diskusi serta menyebutkan mukjizat-mukjizat Nabi Isa AS berdasarkan materi yang telah dipelajari. | 1Menceritakan kisah Nabi Isa AS | Tes tulis | Essay | 1. Ceritakan dengan singkat perjuangan Nabi Isa dalam berdakwah kepada para pendeta Yahudi! | 3 × 35 menit | 1. Teks kisah Nabi Isa AS di karton 2. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 5, hal 3. Buku cerita tentang kisah-kisah Nabi 4. Kaset/CD tentang kisah-kisah Nabi 5. Alquran (Juz amma) 6. Pengalaman guru 7. Lingkungan sekitar |
2. Menyebutkan mukjizat Nabi Isa AS | Tes tulis | Pilihan ganda | 2. Mukjizat dapat menghidupkan orang yang telah mati dimiliki oleh Nabi… a. Musa AS b. Muhammad AS c. Isa AS | |||||
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ), |
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : ............................
Kelas : V
Mata Pelajaran : Agama Islam
Semester : 1
Standar kompetensi(Akhlak): 4. Membiasakan perilaku terpuji
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Pembahasan | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
4.1 Meneladani perilaku Nabi Ayyub AS | Keteladanan Nabi Ayyub AS | 1. Siswa mengemukakan pendapatnya tentang sikap tabah yang dimiliki Nabi Ayyub AS yang patut diteladani melalui forum diskusi dan tanya jawab serta menerapkan perilaku tabah dalam keseharian. | 1. Menunjukkan sikap meneladani ketabahan Nabi Ayyub AS ketika menerima cobaaan Allah SWT | Tes tulis | Essay | Bagaimana cara meneladani ketabahan Nabi Ayyub As dalam keseharianmu? | 3 x 35 menit | 1. Teks kisah Nabi Ayyub AS di karton 2. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 5, hal 3. Buku cerita tentang kisah-kisah Nabi 4. Kaset/CD tentang kisah-kisah Nabi 5. Alquran (Juz amma) 6. Pengalaman guru 7. Lingkungan sekitar |
4.2 Meneladani perilaku Nabi Musa AS | Keteladanan Nabi Musa AS | 1. Siswa mengemukakan pendapatnya tentang keteguhan iman Nabi Musa AS dalam menjalankan perintah Allah SWT dan keberaniannya melawan Raja Fir`aun melalui forum diskusi dan tanya jawab serta meneladani perilaku-perilaku tersebut dalam praktik keseharian. | 1. Meneladani keteguhan iman Nabi Musa AS terhadap Allah SWT | Tes tulis | Essay | Cobaan apa saja yang dihadapi Nabi Musa dalam menjalankan perintah Allah SWT? | 3 x 35 menit | 1. Teks kisah Nabi Musa AS di karton 2. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 5, hal 3. Buku cerita tentang kisah-kisah Nabi 4. Kaset/CD tentang kisah-kisah Nabi 5. Alquran (Juz amma) 6. Pengalaman guru 7. Lingkungan sekitar |
2. Meneladani keberanian Nabi Musa AS melawan Raja Fir`aun. | Tes tulis | Jawaban singkat | Bagaimana usahamu agar memiliki keberanian seperti Nabi Musa AS? | |||||
4.3 Meneladani perilaku Nabi Isa AS | Keteladanan Nabi Isa As | 1. Siswa mengemukakan pendapatnya tentang keteguhan iman Nabi Isa AS dalam menjalankan perintah Allah SWT dan sifat penolongnya terhadap kaumnya melalui forum diskusi dan tanya jawab serta meneladani perilaku-perilaku tersebut dalam praktik keseharian. | 1. Meneladani keteguhan iman Nabi Isa AS terhadap Allah SWT 2. Meneladani sifat penolong Nabi Isa As terhadap kaumnya | Tes tulis Tes tulis | Essay Jawaban singkat | 1. Ceritakan dengan singkat bagaimana sikap Nabi Isa AS dalam mengajak kaumnya untuk menyembah Allah SWT? 2. Pernahkah kamu menolong temanmu? Ceritakan dengan singkat! | 3 x 35 menit | 1. Teks kisah Nabi Isa AS di karton 2. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 5, hal 3. Buku cerita tentang kisah-kisah Nabi 4. Kaset/CD tentang kisah-kisah Nabi 5. Alquran (Juz amma) 6. Pengalaman guru 7. Lingkungan sekitar |
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ), |
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : ............................
Kelas : V
Semester : 1
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Standar kompetensi (Fiqih): 5. Mengumandangkan azan dan iqamah
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Pembahasan | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
5.1 Melakukan azan dan iqamah sebelum salat dengan benar | Lafal azan dan iqamah | 1. Siswa melafalkan azan dan iqamah secara klasikal dan kelompok mengikuti bacaan guru, menghafalkan lafal azan dan iqamah serta mempraktikkan tatacara azan dan iqamah secara kelompok dan individu di depan kelas. | 1. Melafalkan azan dan iqamah | Tes lisan | Pelafalan | 1. Lafalkan bacaan azan dan iqamah dengan benar! | 6 × 35 menit | 1. Teks bacaan lafal azan dan iqamah 2. Gambar peraga tentang tatacara azan dan iqamah 3. Teks lafal jawaban azan dan doa setelah azan 4. Buku Pendidikan Agama Islam jilid 5 , hal 5. Kaset/CD tentang cara azan dan iqamah 6. Alquran (Juz Amma) 7. Pengalaman guru |
2. Menunjukkan hafal lafal azan dan iqamah | Tes lisan | hafalan | 2. Hafalkan bacaan lafal azan dan iqamah! | |||||
3. Mempraktikkan azan dan iqamah ketika hendak salat | Praktik | Praktik | 3. Praktikkan tatacara azan dan iqamah untuk Salat Subuh! (Lihat Buku Pendidikan Agama Islam SD jl.5 halaman) | |||||
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ), | ||||||||
Latihan Semester I (halaman ) | | | | | | | 2 x 35 menit | |
............ , .....................20 ......
Mengetahui Guru Mapel Pendidikan Agama Islam
Kepala SD/MI dan SDLB.
( ..................................................... ) ( ........................................................... )
NIP. NIP.
No comments:
Post a Comment