Monday, August 27, 2012

SILABUS PEMBELAJARAN PAI KELAS IV SMT II


SILABUS  PEMBELAJARAN


Sekolah               :   ............................
Kelas                   :   1V
Mata Pelajaran     :   Pendidikan Agama Islam
Semester              :   2
Standar Kompetensi (Alquran) : 6. Membaca surah-surah Alquran

Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Pembahasan
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

            Membaca surah Al Kausar dengan lancer


















Surah Al Kausar


















1. Siswa melafakkan surah Al Kausar secara klasikal, kelompok dan individu berdasarkan instruksi yang di berikan guru dengan menerapkan harakat, makhraj dan hukum bacan yang  ada di surah  Al  Kausar
2. Siswa mengartikan surah Al Kausar dan mengkaji isi pokok kandungannya
3. Siswa menghafal surah Al Kausar secara klasikal, kelompok dan individu
4. Siswa berlatih menyalin ayat dan kalimat Al quran  dalam surah Al Kausar secara individu

1. Melafalkan surah Al Kausar dan makhraj yang benar

Tes lisan





Pelafalan





Lafalkan surah Al Kausar!




6 × 35 menit


















1. Teks lafal surah Al Kausar beserta artinya di karton atau papan tulis
2. Buku Tajwid
3. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 4  bab 6
4. Alquran (Juz Amma)
5. Kaset/CD    Alquran
6. Pengalaman guru











2. Menerapkan hukum bacaan pada surah Al Kausar



Tes lisan






Pelafalan






Bacalah surah Al Kausar sesuai dengan makhraj dan tanda baca yang benar!

3.  Mengartikan surah Al Kausar


Tes tulis




Jawaban singkat



Hafalan




Jawaban singkat

Apakah arti ayat
فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ؟


4.  Menghafal surah Al Kausar



5.  Menyalin ayat dan kalimat Al quran

Tes lisan




Tes tulis

Hafalkan surah Al Kausar!
ان شانئك هوالابتر

Salinlah dan berilah tanda baca yang sesuai dengan ayat di atas!

            Membaca surah An Nasr dengan lancer


























Surah An Nasr






































1.   Siswa melafalkan surah An Nasr secara klasikal,  kelompok dan individu berdasarkan
      instruksi yang diberikan guru dengan menerapkan harakat, makhraj dan hukum bacaan yang ada di surah An Nasr

2.  Siswa mengartikan surah An Nasr mengkaji isi pokok kandungannya

3.  Siswa menghafal surah An Nasr secara klasikal, kelompok dan individu

4.  Siswa  berlatih menyalin  ayat dan kalimat Alquran  dalam surah An Nasr secara individu

1.   Melafalkan surah An Nasr dengan harakat dan
      makhraj yang benar


Tes lisan



Pelafalan












Lafalkan Surah An Nasr


6 × 35 menit































1. Teks lafal surah An Nasr beserta artinya di karton atau papan tulis
2.  Buku Tajwid
3.  Buku Pendidikan Agama Islam
    Jilid 4  bab 6
4.  Alquran (Juz Amma)
5.  Kaset/CD    Alquran
6.  Pengalaman guru













2.  Menerapkan hukum bacaan pada surah An Nasr


Tes lisan





Pelafalan





Bacalah surah An Nasr sesuai dengan makhraj dan tanda baca yang benar!

3.   Mengartikan surah An Nasr



Tes tulis




Jawaban singkat




Apa arti  kalimat,
نَصْرُاللَّهِ وَالْفَتْحُ؟


4.   Menghafalkan surah An Nasr



Tes lisan




Hafalan




Hafalkan surah An Nasr



5.   Menyalin ayat dan kalimat Alquran

Tes Tulis

Jawaban singkat
فَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ وَاسْتَغْفِرْهُ
Salinlah dan berilah tanda baca yang sesuai dengan ayat di atas!

6.3 Membaca surah Al Asr dengan lancar



















Surah Al Asr





















1.  Siswa melafalkan surah Al Asr secara klasikal, kelompok dan individu berdasarkan instruksi yang diberikan guru dengan menerapkan harakat, makhraj dan hukum bacaan yang ada di surah Al Asr
2.  Siswa mengartikan surah Al Asr dan mengkaji isi pokok kandungannya
3.  Siswa menghafal surah Al Asr secara klasikal, kelompok dan individu
4.  Siswa berlatih menyalin ayat dan kalimat Alquran secara individu

1.   Melafalkan surah Al Asr dengan harakat dan makhraj yang benar

2.  Menerapkan hukum bacaan pada surah Al Asr





3. Mengartikan surah Al Asr



Tes lisan



Tes lisan






Tes tulis




Pelafalan



Pelafalan






Jawaban singkat




Lafalkan surah Al Asr!


Bacalah surah Al Asr sesuai dengan makhraj dan tanda baca yang benar!


Apa arti kalimat,
اِنَّ اْلاِنْسَانَ لَفِيْ خُسْرِِ؟


6 × 35 menit





















1.  Teks lafal surah Al Asr beserta artinya di karton atau papan tulis
2.  Buku Tajwid
3.  Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 4  bab 6
4.  Alquran (Juz Amma)
5.  Kaset/CD    Alquran
6.  Pengalaman guru










4.  Menghafalkan surah Al Asr


Tes lisan


Hafalan


Hafalkan surah Al Asr!


5.   Menyalin ayat dan kalimat Alquran


Tes tulis

Jawaban singkat

وَ ع
Salinlah surah Al Asr dengan benar!

Karakter siswa yang diharapkan  :  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ),

............ , .....................................  20 ......
Mengetahui                                                                                                                                                                                        Guru Mapel Pendidikan Agama Islam
Kepala SD/MI dan SDLB.




( ..................................................... )                                                                                                                                                  ( ........................................................... )
NIP.                                                                                                                                                                                                    NIP.

SILABUS  PEMBELAJARAN


Sekolah               :   ............................
Kelas                   :   1V
Mata Pelajaran     :   Pendidikan Agama Islam
Semester              :   2­­­­
Standar Kompetensi (Aqidah) : 7. Mengenal malaikat dan tugasnya

Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Pembahasan
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

7.1 Menjelaskan pengertian malaikat

Malaikat Allah

1.  Siswa mengemukakan pendapat tentang pengertian malaikat dan kejadian  malaikat melalui forum diskusi dan Tanya jawab dengan teman-temannya

1.   Menjelaskan pengertian malaikat

Tes tulis

Essay

Apa yang dimaksud malaikat adalah makhluk gaib?

3 × 35 menit


1. Tulisan nama-nama malaikat dan tugas-tugasnya
2.  Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 4  bab 7
3.  Buku-buku lain yang relevan
4.  Alquran (Juz Amma)
5.  Pengalaman guru
6.  Lingkungan sekitar

2.   Menjelaskan kejadian malaikat

Tes tulis

Jawaban singkat

Dari apakah malaikat diciptakan Allah?


7.2 Menyebutkan nama-nama malaikat













7.3 Menyebutkan tugas-tugas malaikat






Malaikat Allah














Malaikat Allah








1.   Siswa menyebutkan jumlah  malaikat, menyebutkan nama-nama malaikat dan selanjutnya menghafal nama-nama malaikat secara klasikal, kelompok dan individu





1.   Siswa mendengarkan dan memahami penjelasan guru tentang  tugas-tugas  malaikat, kemudian siswa menghafal tugas-tugas 10 malaikat secara klasikal, kelompok dan individu







1.   Menyebutkan jumlah malaikat




Tes tulis







Jawaban singkat





Berapakah jumlah malaikat yang wajib diketahui?


3 × 35 menit














3 × 35 menit

1. Tulisan nama-nama malaikat dan tugas-tugasnya
2.  Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 4  bab 7
3.  Buku-buku lain yang relevan
4.  Alquran (Juz Amma)
5.  Pengalaman guru
6.  Lingkungan guru

1. Tulisan nama-nama malaikat dan tugas-tugas-Nya
2.  Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 4  bab 7
3.  Buku-buku lain yang releven
4.  Alquran (Juz Amma)
5.  Pengalaman guru
6.  Lingkungan sekitar

2.  Menghafal nama-nama malaikat





1.   Mengetahui tugas-tugas malaikat









2.   Menghafal tugas-tugas 10 malaikat


Tes lisan






Tes tulis










Tes tulis

Hafalan






Pilihan ganda










Hafalan

Hafalkan 10 nama-nama malaikat!




Yang bertugas menyampaikan wahyu kepada Nabi/Rasul adalah malaikat . . .
a.  Jibril
b.  Mikail
c.  Israfil
d.  izrail

Hafalkan tugas-tugas 10 malaikat!


Karakter siswa yang diharapkan  :  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ),

............ , .....................................  20 ......
Mengetahui                                                                                                                                                                                        Guru Mapel Pendidikan Agama Islam
Kepala SD/MI dan SDLB.




( ..................................................... )                                                                                                                                                  ( ........................................................... )
NIP.                                                                                                                                                                                                    NIP.

SILABUS  PEMBELAJARAN


Sekolah               :   ............................
Kelas                   :   1V
Mata Pelajaran     :   Pendidikan Agama Islam
Semester              :   2­­­­
Standar Kompetensi (Tarikh) : 8. Menceritakan kisah Nabi

Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Pembahasan
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

            Menceritakan kisah Nabi Ibrahim AS























Nabi Ibrahim AS

























1.  Siswa  mengemukakan pendapatnya menjelaskan tentang kisah Nabi Ibrahim AS dengan orang tuannya, kisah Nabi Ibrahim AS dengan raja Namrud, kisah Nabi Ibrahim dalam menghadapi ujian dari Allah dan meneladani perilaku sabar dan keteguhan hati Nabi Ibrahim melalui forum diskusi dan Tanya jawab berdasarkan penjelasan guru dan bacaan referensi acuan.

1.   Menjelaskan kisah Nabai Ibrahim AS dengan orang tuanya


Tes tulis






Jawaban singkat






Siapakah nama ayah Nabi Ibrahim AS?




1         × 35 menit

























1. Teks kisah Nabi Ibrahim AS
2.  Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 4  bab 8
3.  Buku kisah-kisah Nabi atau buku lain yang relevan
4. Kaset/CD    tentang kisah Nabi Ibrahim AS
5.  Alquran (Juz Amma)
6. Pengalaman guru
7. Lingkungan sekitar















2.   Menjelaskan kisah Nabi Ibrahim AS dengan raja Namrud



Tes tulis







Jawaban singkat







Mengapa raja Namrud mengeluarkan perintah membunuh setiap bayi laki-laki?


3.   Menjelaskan kisah Nabi Ibrahim dalam menghadapi ujian


Tes tulis


Jawaban singkat


Apa mukjizat Nabi Ibrahim AS?


4.  Meneladani perilaku sabar dan keteguhan hati Nabi Ibrahim


Tes tulis

Essay

Cobaan apa saja yang menimpa Nabi Ibrahim AS?


8.2 Menceritakan kisah Nabi Ismail  AS

Nabi Ismail AS

1.   Siswa mengemukakan pendapatnya menjelaskan tentang kisah Nabi Ismail AS dan menjelaskan kisah Nabi Ismail membangun Kakbah bersama ayahnya melalui forum Tanya jawab dan diskusi berdasarkan penjelasan guru dan bacaan referensi acuan

1.   Menjelaskan kisah Nabi Ismail AS


Tes tulis

Jawaban singkat

Siapakah ayah Nabi Ismail AS?

3 × 35 menit


1. Teks kisah Nabi Ismali AS
2. Buku Pendidikan Agama Islam jilid I,   bab 8
3. Buku kisah-kisah Nabi atau buku lain yang relevan
4. Kaset atau CD    tentang kisah Nabi Ismail AS
5. Alquran (juz Amma)
6. Pengalaman guru
7. Lingkungan sekitar


2.   Menjelaskan kisah Nabi Ismail membangun Kakbah bersama ayahnya


Tes tulis

Jawaban singkat

Bangunan yang dijadikan  kiblat dan di bangun oleh Nabi Ismail dan ayahnya adalah …
Karakter siswa yang diharapkan  :  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ),


SILABUS  PEMBELAJARAN


Sekolah               :   ............................
Kelas                   :   1V
Mata Pelajaran     :   Pendidikan Agama Islam
Semester              :   2­­­­
Standar Kompetensi (Akhlak) : 9. Membiasakan perilaku terpuji

Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Pembahasan
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

9.1 Meneladani perilaku Nabi Ibrahim AS









Nabi Ibrahim AS











1.   Siswa melalui forum diskusi kelompok mengemukakan pendapatnya tentang  ketaatan Nabi Ibrahim terhadap orang tua dan terhadap Allah  SWT yang patut di teladani




1. Meneladani ketaatan Nabi Ibrahim terhadap orang tua dan terhadap Allah SWT





Tes tulis











Jawaban singkat











Sebutkan 2 manfaat khitan!


3 × 35 menit

1. Teks cerita kisah Nabi Ibrahim AS
2.  Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 4  bab 9
3.  Buku kisah-kisah Nabi  atau buku  lain yang releven
4.  Kaset/CD    tentang kisah-kisah Nabi
5.  Alquran 
6.  Pengalaman guru
7.  Lingkungan sekitar


9.2  Meneladani  perilaku Nabi Ismail AS

Nabi Ismail AS

1.  Siswa melalui forum diskusi kelompok mengemukakan pendapatnya tentang perilaku ketaatan Nabi Ismail terhadap orang tuanya dan Allah SWT serta kesabaran dan ketaatan  Nya dalam kehidupan sehari-hari yang patut diteladani


1. Meneladani perilaku ketaatan Nabi Ismail terhadap orang tuanya dan Allah SWT

Tes tulis


Jawaban singkat




3 × 35 menit

1.  Teks cerita kisah Nabi Ismail AS
2.  Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 4  bab 9
3.  Buku kisah-kisah Nabi atau buku lain yang relevan
4.  Kaset/CD    tentang kisah-kisah Nabi
5.  Alquran
6.  Pengalaman guru
7.  Lingkungan sekitar


2.  Meneladani perilaku sabar dan taat dalam kehidupan sehari-hari


Tes tulis

Essay

Bagaimana cara meneladani Nabi Ismail dalam menghormati orang tua?
Karakter siswa yang diharapkan  :  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ),


............ , .....................................  20 ......
Mengetahui                                                                                                                                                                                        Guru Mapel Pendidikan Agama Islam
Kepala SD/MI dan SDLB.




( ..................................................... )                                                                                                                                                  ( ........................................................... )
NIP.                                                                                                                                                                                                    NIP.

SILABUS  PEMBELAJARAN


Sekolah               :   ............................
Kelas                   :   1V
Mata Pelajaran     :   Pendidikan Agama Islam
Semester              :   2­­­­
Standar kompetensi (Fiqih) : 10. Melaksanakan zikir dan doa
Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Pembahasan
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

10.1   Melaksana kan zikir setelah salat
















Zikir


















1.   Siswa secara klasikal, kelompok dan individu melafalkan bacaan zikir setelah salat, dan selanjutnya menghafal bacaan zikir setelah salat
2.  Siswa mengartikan bacaan zikir berdasarkan bimbingan dan petunjuk guru dan selanjutnya berlatih mengartikan secara individual





1. Melafalkan bacaan zikir setelah salat


Tes lisan



Pelafalan



Lafalkan bacaan zikir sederhana setelah salat

3 × 35menit















1. Teks lafal zikir di karton
2.  Teks lafal doa di karton
3.  Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 4  bab 10
4.  Buku kisah-kisah Nabi  atau buku  lain yang releven
5.  Kaset/CD    tentang kumpulan zikir dan doa
5.  Pengalaman guru
6.  Lingkungan sekitar





2. Menghafal bacaan zikir setelah salat

Tes lisan


Hafalan

Hafalkan bacaan zikir setelah salat!

3.  Mengartikan bacaan zikir setelah salat


Tes tulis




Jawaban singkat






4. Menerapkan bacaan zikir setiap selesai salat


Tes lisan



Pelafalan



Tulislah bacaan tahmid dengan lengkap!

10.2  Membaca doa setelah salat







Doa

1. Siswa secara klasikal, kelompok dan individu melafalkan bacaan doa setelah salat dan berlatih memahami arti doa berdasarkan bimbingan dan petunjuk guru,  serta menghafal doa pendek setelah salat


1.  Melafalkan bacaan doa setelah salat



Tes lisan


Pelafalan


Lafalkan 3 doa yang dibaca setelah salat!

3 x 35 menit









1.  Teks lafal doa di karton
2.  Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 4  bab 10
3.  Buku- buku  lain yang releven
4.  Kaset/CD    tentang kumpulan zikir dan doa
5.  Pengalaman guru
6.  Lingkungan sekitar
Karakter siswa yang diharapkan  :  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ),
Latihan Semeter 2






2x 35 menit



............ , .....................20 ......
Mengetahui                                                                                                                                                                                        Guru Mapel Pendidikan Agama Islam
Kepala SD/MI dan SDLB.



( ..................................................... )                                                                                                                                                  ( ........................................................... )
NIP.                                                                                                                                                                                                    NIP.

No comments:

Post a Comment