SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : ............................
Kelas : 1V
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Semester : 2
Standar Kompetensi (Alquran) : 6. Membaca surah-surah Alquran
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Pembahasan | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
Membaca surah Al Kausar dengan lancer | Surah Al Kausar | 1. Siswa melafakkan surah Al Kausar secara klasikal, kelompok dan individu berdasarkan instruksi yang di berikan guru dengan menerapkan harakat, makhraj dan hukum bacan yang ada di surah Al Kausar 2. Siswa mengartikan surah Al Kausar dan mengkaji isi pokok kandungannya 3. Siswa menghafal surah Al Kausar secara klasikal, kelompok dan individu 4. Siswa berlatih menyalin ayat dan kalimat Al quran dalam surah Al Kausar secara individu | 1. Melafalkan surah Al Kausar dan makhraj yang benar | Tes lisan | Pelafalan | Lafalkan surah Al Kausar! | 6 × 35 menit | 1. Teks lafal surah Al Kausar beserta artinya di karton atau papan tulis 2. Buku Tajwid 3. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 4 bab 6 4. Alquran (Juz Amma) 5. Kaset/CD Alquran 6. Pengalaman guru |
2. Menerapkan hukum bacaan pada surah Al Kausar | Tes lisan | Pelafalan | Bacalah surah Al Kausar sesuai dengan makhraj dan tanda baca yang benar! | |||||
3. Mengartikan surah Al Kausar | Tes tulis | Jawaban singkat Hafalan Jawaban singkat | Apakah arti ayat فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ؟ | |||||
4. Menghafal surah Al Kausar 5. Menyalin ayat dan kalimat Al quran | Tes lisan Tes tulis | Hafalkan surah Al Kausar! ان شانئك هوالابتر Salinlah dan berilah tanda baca yang sesuai dengan ayat di atas! | ||||||
Membaca surah An Nasr dengan lancer | Surah An Nasr | 1. Siswa melafalkan surah An Nasr secara klasikal, kelompok dan individu berdasarkan instruksi yang diberikan guru dengan menerapkan harakat, makhraj dan hukum bacaan yang ada di surah An Nasr 2. Siswa mengartikan surah An Nasr mengkaji isi pokok kandungannya 3. Siswa menghafal surah An Nasr secara klasikal, kelompok dan individu 4. Siswa berlatih menyalin ayat dan kalimat Alquran dalam surah An Nasr secara individu | 1. Melafalkan surah An Nasr dengan harakat dan makhraj yang benar | Tes lisan | Pelafalan | Lafalkan Surah An Nasr | 6 × 35 menit | 1. Teks lafal surah An Nasr beserta artinya di karton atau papan tulis 2. Buku Tajwid 3. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 4 bab 6 4. Alquran (Juz Amma) 5. Kaset/CD Alquran 6. Pengalaman guru |
2. Menerapkan hukum bacaan pada surah An Nasr | Tes lisan | Pelafalan | Bacalah surah An Nasr sesuai dengan makhraj dan tanda baca yang benar! | |||||
3. Mengartikan surah An Nasr | Tes tulis | Jawaban singkat | Apa arti kalimat, نَصْرُاللَّهِ وَالْفَتْحُ؟ | |||||
4. Menghafalkan surah An Nasr | Tes lisan | Hafalan | Hafalkan surah An Nasr | |||||
5. Menyalin ayat dan kalimat Alquran | Tes Tulis | Jawaban singkat | فَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ وَاسْتَغْفِرْهُ Salinlah dan berilah tanda baca yang sesuai dengan ayat di atas! | |||||
6.3 Membaca surah Al Asr dengan lancar | Surah Al Asr | 1. Siswa melafalkan surah Al Asr secara klasikal, kelompok dan individu berdasarkan instruksi yang diberikan guru dengan menerapkan harakat, makhraj dan hukum bacaan yang ada di surah Al Asr 2. Siswa mengartikan surah Al Asr dan mengkaji isi pokok kandungannya 3. Siswa menghafal surah Al Asr secara klasikal, kelompok dan individu 4. Siswa berlatih menyalin ayat dan kalimat Alquran secara individu | 1. Melafalkan surah Al Asr dengan harakat dan makhraj yang benar 2. Menerapkan hukum bacaan pada surah Al Asr 3. Mengartikan surah Al Asr | Tes lisan Tes lisan Tes tulis | Pelafalan Pelafalan Jawaban singkat | Lafalkan surah Al Asr! Bacalah surah Al Asr sesuai dengan makhraj dan tanda baca yang benar! Apa arti kalimat, اِنَّ اْلاِنْسَانَ لَفِيْ خُسْرِِ؟ | 6 × 35 menit | 1. Teks lafal surah Al Asr beserta artinya di karton atau papan tulis 2. Buku Tajwid 3. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 4 bab 6 4. Alquran (Juz Amma) 5. Kaset/CD Alquran 6. Pengalaman guru |
4. Menghafalkan surah Al Asr | Tes lisan | Hafalan | Hafalkan surah Al Asr! | |||||
5. Menyalin ayat dan kalimat Alquran | Tes tulis | Jawaban singkat | وَ ع Salinlah surah Al Asr dengan benar! | |||||
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ), |
............ , ..................................... 20 ......
Mengetahui Guru Mapel Pendidikan Agama Islam
Kepala SD/MI dan SDLB.
( ..................................................... ) ( ........................................................... )
NIP. NIP.
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : ............................
Kelas : 1V
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Semester : 2
Standar Kompetensi (Aqidah) : 7. Mengenal malaikat dan tugasnya
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Pembahasan | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
7.1 Menjelaskan pengertian malaikat | Malaikat Allah | 1. Siswa mengemukakan pendapat tentang pengertian malaikat dan kejadian malaikat melalui forum diskusi dan Tanya jawab dengan teman-temannya | 1. Menjelaskan pengertian malaikat | Tes tulis | Essay | Apa yang dimaksud malaikat adalah makhluk gaib? | 3 × 35 menit | 1. Tulisan nama-nama malaikat dan tugas-tugasnya 2. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 4 bab 7 3. Buku-buku lain yang relevan 4. Alquran (Juz Amma) 5. Pengalaman guru 6. Lingkungan sekitar |
2. Menjelaskan kejadian malaikat | Tes tulis | Jawaban singkat | Dari apakah malaikat diciptakan Allah? | |||||
7.2 Menyebutkan nama-nama malaikat 7.3 Menyebutkan tugas-tugas malaikat | Malaikat Allah Malaikat Allah | 1. Siswa menyebutkan jumlah malaikat, menyebutkan nama-nama malaikat dan selanjutnya menghafal nama-nama malaikat secara klasikal, kelompok dan individu 1. Siswa mendengarkan dan memahami penjelasan guru tentang tugas-tugas malaikat, kemudian siswa menghafal tugas-tugas 10 malaikat secara klasikal, kelompok dan individu | 1. Menyebutkan jumlah malaikat | Tes tulis | Jawaban singkat | Berapakah jumlah malaikat yang wajib diketahui? | 3 × 35 menit 3 × 35 menit | 1. Tulisan nama-nama malaikat dan tugas-tugasnya 2. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 4 bab 7 3. Buku-buku lain yang relevan 4. Alquran (Juz Amma) 5. Pengalaman guru 6. Lingkungan guru 1. Tulisan nama-nama malaikat dan tugas-tugas-Nya 2. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 4 bab 7 3. Buku-buku lain yang releven 4. Alquran (Juz Amma) 5. Pengalaman guru 6. Lingkungan sekitar |
2. Menghafal nama-nama malaikat 1. Mengetahui tugas-tugas malaikat 2. Menghafal tugas-tugas 10 malaikat | Tes lisan Tes tulis Tes tulis | Hafalan Pilihan ganda Hafalan | Hafalkan 10 nama-nama malaikat! Yang bertugas menyampaikan wahyu kepada Nabi/Rasul adalah malaikat . . . a. Jibril b. Mikail c. Israfil d. izrail Hafalkan tugas-tugas 10 malaikat! | |||||
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ), |
............ , ..................................... 20 ......
Mengetahui Guru Mapel Pendidikan Agama Islam
Kepala SD/MI dan SDLB.
( ..................................................... ) ( ........................................................... )
NIP. NIP.
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : ............................
Kelas : 1V
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Semester : 2
Standar Kompetensi (Tarikh) : 8. Menceritakan kisah Nabi
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Pembahasan | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
Menceritakan kisah Nabi Ibrahim AS | Nabi Ibrahim AS | 1. Siswa mengemukakan pendapatnya menjelaskan tentang kisah Nabi Ibrahim AS dengan orang tuannya, kisah Nabi Ibrahim AS dengan raja Namrud, kisah Nabi Ibrahim dalam menghadapi ujian dari Allah dan meneladani perilaku sabar dan keteguhan hati Nabi Ibrahim melalui forum diskusi dan Tanya jawab berdasarkan penjelasan guru dan bacaan referensi acuan. | 1. Menjelaskan kisah Nabai Ibrahim AS dengan orang tuanya | Tes tulis | Jawaban singkat | Siapakah nama ayah Nabi Ibrahim AS? | 1 × 35 menit | 1. Teks kisah Nabi Ibrahim AS 2. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 4 bab 8 3. Buku kisah-kisah Nabi atau buku lain yang relevan 4. Kaset/CD tentang kisah Nabi Ibrahim AS 5. Alquran (Juz Amma) 6. Pengalaman guru 7. Lingkungan sekitar |
2. Menjelaskan kisah Nabi Ibrahim AS dengan raja Namrud | Tes tulis | Jawaban singkat | Mengapa raja Namrud mengeluarkan perintah membunuh setiap bayi laki-laki? | |||||
3. Menjelaskan kisah Nabi Ibrahim dalam menghadapi ujian | Tes tulis | Jawaban singkat | Apa mukjizat Nabi Ibrahim AS? | |||||
4. Meneladani perilaku sabar dan keteguhan hati Nabi Ibrahim | Tes tulis | Essay | Cobaan apa saja yang menimpa Nabi Ibrahim AS? | |||||
8.2 Menceritakan kisah Nabi Ismail AS | Nabi Ismail AS | 1. Siswa mengemukakan pendapatnya menjelaskan tentang kisah Nabi Ismail AS dan menjelaskan kisah Nabi Ismail membangun Kakbah bersama ayahnya melalui forum Tanya jawab dan diskusi berdasarkan penjelasan guru dan bacaan referensi acuan | 1. Menjelaskan kisah Nabi Ismail AS | Tes tulis | Jawaban singkat | Siapakah ayah Nabi Ismail AS? | 3 × 35 menit | 1. Teks kisah Nabi Ismali AS 2. Buku Pendidikan Agama Islam jilid I, bab 8 3. Buku kisah-kisah Nabi atau buku lain yang relevan 4. Kaset atau CD tentang kisah Nabi Ismail AS 5. Alquran (juz Amma) 6. Pengalaman guru 7. Lingkungan sekitar |
2. Menjelaskan kisah Nabi Ismail membangun Kakbah bersama ayahnya | Tes tulis | Jawaban singkat | Bangunan yang dijadikan kiblat dan di bangun oleh Nabi Ismail dan ayahnya adalah … | |||||
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ), |
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : ............................
Kelas : 1V
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Semester : 2
Standar Kompetensi (Akhlak) : 9. Membiasakan perilaku terpuji
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Pembahasan | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
9.1 Meneladani perilaku Nabi Ibrahim AS | Nabi Ibrahim AS | 1. Siswa melalui forum diskusi kelompok mengemukakan pendapatnya tentang ketaatan Nabi Ibrahim terhadap orang tua dan terhadap Allah SWT yang patut di teladani | 1. Meneladani ketaatan Nabi Ibrahim terhadap orang tua dan terhadap Allah SWT | Tes tulis | Jawaban singkat | Sebutkan 2 manfaat khitan! | 3 × 35 menit | 1. Teks cerita kisah Nabi Ibrahim AS 2. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 4 bab 9 3. Buku kisah-kisah Nabi atau buku lain yang releven 4. Kaset/CD tentang kisah-kisah Nabi 5. Alquran 6. Pengalaman guru 7. Lingkungan sekitar |
9.2 Meneladani perilaku Nabi Ismail AS | Nabi Ismail AS | 1. Siswa melalui forum diskusi kelompok mengemukakan pendapatnya tentang perilaku ketaatan Nabi Ismail terhadap orang tuanya dan Allah SWT serta kesabaran dan ketaatan Nya dalam kehidupan sehari-hari yang patut diteladani | 1. Meneladani perilaku ketaatan Nabi Ismail terhadap orang tuanya dan Allah SWT | Tes tulis | Jawaban singkat | | 3 × 35 menit | 1. Teks cerita kisah Nabi Ismail AS 2. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 4 bab 9 3. Buku kisah-kisah Nabi atau buku lain yang relevan 4. Kaset/CD tentang kisah-kisah Nabi 5. Alquran 6. Pengalaman guru 7. Lingkungan sekitar |
2. Meneladani perilaku sabar dan taat dalam kehidupan sehari-hari | Tes tulis | Essay | Bagaimana cara meneladani Nabi Ismail dalam menghormati orang tua? | |||||
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ), |
............ , ..................................... 20 ......
Mengetahui Guru Mapel Pendidikan Agama Islam
Kepala SD/MI dan SDLB.
( ..................................................... ) ( ........................................................... )
NIP. NIP.
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : ............................
Kelas : 1V
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Semester : 2
Standar kompetensi (Fiqih) : 10. Melaksanakan zikir dan doa
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/Pembahasan | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
10.1 Melaksana kan zikir setelah salat | Zikir | 1. Siswa secara klasikal, kelompok dan individu melafalkan bacaan zikir setelah salat, dan selanjutnya menghafal bacaan zikir setelah salat 2. Siswa mengartikan bacaan zikir berdasarkan bimbingan dan petunjuk guru dan selanjutnya berlatih mengartikan secara individual | 1. Melafalkan bacaan zikir setelah salat | Tes lisan | Pelafalan | Lafalkan bacaan zikir sederhana setelah salat | 3 × 35menit | 1. Teks lafal zikir di karton 2. Teks lafal doa di karton 3. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 4 bab 10 4. Buku kisah-kisah Nabi atau buku lain yang releven 5. Kaset/CD tentang kumpulan zikir dan doa 5. Pengalaman guru 6. Lingkungan sekitar |
2. Menghafal bacaan zikir setelah salat | Tes lisan | Hafalan | Hafalkan bacaan zikir setelah salat! | |||||
3. Mengartikan bacaan zikir setelah salat | Tes tulis | Jawaban singkat | | |||||
4. Menerapkan bacaan zikir setiap selesai salat | Tes lisan | Pelafalan | Tulislah bacaan tahmid dengan lengkap! | |||||
10.2 Membaca doa setelah salat | Doa | 1. Siswa secara klasikal, kelompok dan individu melafalkan bacaan doa setelah salat dan berlatih memahami arti doa berdasarkan bimbingan dan petunjuk guru, serta menghafal doa pendek setelah salat | 1. Melafalkan bacaan doa setelah salat | Tes lisan | Pelafalan | Lafalkan 3 doa yang dibaca setelah salat! | 3 x 35 menit | 1. Teks lafal doa di karton 2. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 4 bab 10 3. Buku- buku lain yang releven 4. Kaset/CD tentang kumpulan zikir dan doa 5. Pengalaman guru 6. Lingkungan sekitar |
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ), | ||||||||
Latihan Semeter 2 | | | | | | | 2x 35 menit | |
............ , .....................20 ......
Mengetahui Guru Mapel Pendidikan Agama Islam
Kepala SD/MI dan SDLB.
( ..................................................... ) ( ........................................................... )
NIP. NIP.
No comments:
Post a Comment