Saturday, August 25, 2012

SILABUS BTQ KELAS VIII SMT II


SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                         :  MTs. Negeri Cisontrol
Mata Pelajaran                         :  Mulok Baca Tulis Al-Qur’an ( BTQ )
Kelas/Semester                       :  VIII/2
Standar Kompetensi     :  2. Mampu membaca, menulis, dan melapalkan serta memahami kandungan Al-Qur’an pada Surat-Surat Pendek ( Al-Balad-Al-A’la)
Karakter Siswa               :
·         Teliti dalam membaca/memahami materi pembelajaran
·         Kreatif dalam mengembangkan materi pembelajaran
·         Konstruktif dalam membangun konsep
·         Responsif terhadap materi pembelajaran
·         Reflektif sebagai struktur pengetahuan baru yang merupakan pengayaan atau revisi dari pengetahuan sebelumnya

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok
Indikator
Kegiatan
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/Bahan/
Alat
2.1   Membaca, menulis, malafalkan (menghafal) serta memahami isi kandungan ayat Al-Qur’an Surat Al-Balad



Qur’an Surat Al-Balad
    Mampu membaca QS Al-Balad;
    Melafalkan  (menghafal) QS  Al-Balad;
    Menuliskan dan menterjemahkan QS Al-Balad;
   Menjelaskan hukum bacaan (tajwid)yang terdapat dalam QS Al-Balad;
    Menunjukan perilaku yang sesuai dengan QS. Al-Balad

   Membacakan dan diikuti bersama QS Al-Balad dengan fasih dan tartil
   Melafalkan dengan cara dihafal QS Al-Balad setiap siswa;
   Menuliskan secara benar QS Al-Balad di papan tulis;
   Siswa diminta untuk menterjemahkan QS Al-Balad dengan menyalin pada buku Al-Qur’an dan Terjemahannya;
   Menjelaskan hukum bacaan (tajwid) yang terdapat pada QS Al-Balad;
   Menjelaskan dan menerangkan isi kandungan yang terdapat dalam QS. Al-Balad
  Tes lisan;
  Tes Tulisan;
  Kuis;
  Praktek
..x 40’’
   Al-Qur’an dan terjemahnya;
   Zuz Ama;
   Buku Tajwid;
   Buku-buku yang relevan

2.2   Membaca, menulis, malafalkan (menghafal) serta memahami isi kandungan ayat Al-Qur’an Surat Al-Fajr



Qur’an Surat Al-Fajr
    Mampu membaca QS Al-Fajr;
    Melafalkan  (menghafal) QS Al-Fajr;
    Menuliskan dan menterjemahkan QS Al-Fajr;
   Menjelaskan hukum bacaan (tajwid)yang terdapat dalam QS Al-Fajr;
    Menunjukan perilaku yang sesuai dengan QS. Al-Fajr

   Membacakan dan diikuti bersama QS  Al-Fajr dengan fasih dan tartil
   Melafalkan dengan cara dihafal QS Al-Fajr setiap siswa;
   Menuliskan secara benar QS Al-Fajr di papan tulis;
   Siswa diminta untuk menterjemahkan QS Al-Fajr menyalin pada buku Al-Qur’an dan Terjemahannya;
   Menjelaskan hukum bacaan (tajwid) yang terdapat pada QS Al-Fajr;
   Menjelaskan dan menerangkan isi kandungan yang terdapat dalam QS Al-Fajr.
  Tes lisan;
  Tes Tulisan;
  Kuis;
  Praktek
..x 40’’
   Al-Qur’an dan terjemahnya;
   Zuz Ama;
   Buku Tajwid;
   Buku-buku yang relevan

2.3   Membaca, menulis, malafalkan (menghafal) serta memahami isi kandungan ayat Al-Qur’an Surat Al-Ghasiah



Qur’an Surat Al-Ghasiah
    Mampu membaca QS Al-Ghasiah;
    Melafalkan  (menghafal) QS Al-Ghasiah;
    Menuliskan dan menterjemahkan QS Al-Ghasiah;
   Menjelaskan hukum bacaan (tajwid)yang terdapat dalam QS Al-Ghasiah;
    Menunjukan perilaku yang sesuai dengan QS. Al-Ghasiah

   Membacakan dan diikuti bersama QS Al-Ghasiah dengan fasih dan tartil
   Melafalkan dengan cara dihafal QS Al-Ghasiah setiap siswa;
   Menuliskan secara benar QS Al-Ghasiah di papan tulis;
   Siswa diminta untuk menterjemahkan QS Al-Ghasiah dengan menyalin pada buku Al-Qur’an dan Terjemahannya;
   Menjelaskan hukum bacaan (tajwid) yang terdapat pada QS Al-Ghasiah;
   Menjelaskan dan menerangkan isi kandungan yang terdapat dalam QS Al-Ghasiah
  Tes lisan;
  Tes Tulisan;
  Kuis;
  Praktek
..x 40’’
   Al-Qur’an dan terjemahnya;
   Zuz Ama;
   Buku Tajwid;
   Buku-buku yang relevan

2.4   Membaca, menulis, malafalkan (menghafal) serta memahami isi kandungan ayat Al-Qur’an Surat Al-A’ala



Qur’an Surat Al-A’ala
    Mampu membaca QS Al-A’ala;
    Melafalkan  (menghafal) QS Al-A’ala;
    Menuliskan dan menterjemahkan QS Al-A’ala;
   Menjelaskan hukum bacaan (tajwid)yang terdapat dalam QS Al-A’ala;
    Menunjukan perilaku yang sesuai dengan QS. Al-A’ala

   Membacakan dan diikuti bersama QS Al-A’ala dengan fasih dan tartil
   Melafalkan dengan cara dihafal QS Al-A’ala setiap siswa;
   Menuliskan secara benar QS Al-A’ala di papan tulis;
   Siswa diminta untuk menterjemahkan QS Al-A’ala menyalin pada buku Al-Qur’an dan Terjemahannya;
   Menjelaskan hukum bacaan (tajwid) yang terdapat pada QS Al-A’ala;
   Menjelaskan dan menerangkan isi kandungan yang terdapat dalam QS. Al-A’la

  Tes lisan;
  Tes Tulisan;
  Kuis;
  Praktek
..x 40’’
   Al-Qur’an dan terjemahnya;
   Zuz Ama;
   Buku Tajwid;
   Buku-buku yang relevan






Mengetahui
Kepala Madrasah,




Oman Suparman, S. Ag, M. Pd. I
NIP. 19610813 198803 1 004

Cisontrol,  Juli 2012
Guru Mata Pelajaran,





Toni Faturokhman, S.Pd.I

No comments:

Post a Comment