SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : ............................
Kelas : VI
Semester : 2
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Standar kompetensi (Alquran) : 6. Mengartikan surah pendek pilihan
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembahasan | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
Membaca QS Al Maidah ayat 3 dan Surah Al Hujurat ayat 13 | Surah Al Maidah ayat 3 dan Surah Al Hujurat ayat 13 | 1. Siswa melafalkan Surah Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13 secara klasikal, kelompok dan individu sesuai dengan harakat dan makhraj yang benar, serta berlatih melafalkan Surah Al Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13 dengan menerapkan hukum bacaan (tajwid) yang benar. | 1.Melafalkan kata dan kalimat Surah Al Maidah ayat 3 dan Surah Al Hujurat ayat 13 | Tes lisan | Pelafalan | Lafalkan Surah Al Maidah ayat 3 dan Surah Al Hujurat ayat 13 dengan harakat dan makhraj yang benar! (lihat Buku Pendidikan Agama Islam SD Jil 6 ) | 3 x 35 menit | 1. Teks lafal Surah Al Maidah ayat 3 dan Surah Al Hujurat ayat 13 di karton atau papan tulis 2. Buku tajwid 3. Buku Pendidikan Agama Islam jilid 6 hal 4. Alquran (juz amma) 5. Kaset atau CD tentang cara baca Alquran 6. Pengalaman guru |
2. Membaca sesuai hukum tajwid Surah Al Maidah ayat 3 dan Surah Al Hujurat ayat 1 | Tes lisan | Pelafalan | Lafalkan Surah Al Maidah ayat 3 dan Surah Al Hujurat ayat 13 dengan menerapkan tajwid yang benar! | |||||
6.2 Mengartikan Surah Al Maidah ayat 3 dan Surah Al Hujurat ayat 13 | Surah Al Maidah ayat 3 dan Surah Al Hujurat ayat 13 | 1. Siswa berlatih mengartikan Surah Al Maidah ayat 3 dan Surah Al Hujurat ayat 13 berdasarkan bimbingan guru, serta melalui forum diskusi mengkaji kandungan dari Surah Al Maidah ayat 3 dan Surah Al Hujurat ayat 13 | 1. Mengartikan kata dan kalimat Surah Al Maidah ayat 3 dan Surah al Hujurat ayat 13 | Tes lisan | Pemaknaan | Artikan Surah Al Maidah ayat 3 dan Surah Al Hujurat ayat 13 dengan lengkap! | 6 x 35 menit | 1. Teks lafal Surah Al Maidah ayat 3 dan Surah Al Hujurat ayat 13 beserta artinya di karton atau papan tulis 2. Buku tajwid 3. Buku Pendidikan Agama Islam jilid 6 hal 4. Alquran (juz amma) 5. Kaset atau CD tentang cara baca Alquran 6. Pengalaman guru |
2. Menerapkan arti/isi kandungan Surah Al Maidah ayat 3 dan Surah Al Hujurat ayat 13 | Tes tulis | Essay | Sebutkan isi pokok Surah Al Hujurat ayat 13! | |||||
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ), |
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : ............................
Kelas : VI
Semester : 2
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Standar kompetensi (Aqidah) : 7. Meyakini adanya Qada’ dan Qadar
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembahasan | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
7.1 Menunjukkan contoh-contoh qada’ dan qadar | Iman terhadap qada’dan qadar | 1. Siswa mengemukakan pendapat menjelaskan tentang pengertian qada’ dan qadar melalui forum diskusi dan Tanya jawab, serta menyebutkan contoh-contoh qada’ dan qadar secara individu. | 1. Menjelaskan pengertian qada’dan qadar | Tes tulis | Essay | Apa yang kamu ketahui mengenai pengertian qada’ dan qadar? | 3 x 35 menit | 1. Ayat Alquran atau hadis Nabi yang berkaitan dengan bahan ajar 2. Buku Pendidikan agama Islam jilid 6 3. Pengalaman guru 4. Lingkungan sekitar |
2. Menyebutkan contoh-contoh qada’ dan qadar | Tes tulis | Pilihan ganda | Ketentuan Allah terhadap hamba-Nya yang dapat berubah disebut… a. Qada’ b. Qadar c. Iman | |||||
3. Menyebutkan manfaat setia kawan | Tes tulis | Jawaban singkat | Apa saja manfaat yang dapat diambil dari perilaku setia kawan? | |||||
7.2 Menunjukkan keyakinan terhadap qada’ dan qadar | Iman kepada qada’ dan qadar | 1. Siswa menyebutkan cara meyakini adanya qada’ dan qadar, serta menyebutkan contoh sikap dari beriman kepada qada’ dan qadar berdasarkan penjelasan guru dan bacaan dari buku referensi | 1. Menyebutkan cara meyakini adanya qada’ dan qadar | Tes tulis | Jawaban singkat | Bagaimanakah menyikapi qada’ dan qadar Allah SWT? | 3 x 35 menit | 1. Ayat Alquran atau hadis Nabi yang berkaitan dengan bahan ajar 2. Buku Pendidikan Agama Islam jilid 6 3. Pengalaman guru 4. Lingkungan sekitar |
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ), |
............ , .....................20 ......
Mengetahui Guru Mapel Pendidikan Agama Islam
Kepala SD/MI dan SDLB.
( ..................................................... ) ( ........................................................... )
NIP. NIP.
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : ............................
Kelas : 2
Semester : 2
Mata Pelajaran : Agama Islam
Standar kompetensi (Tarikh) : 8. Menceritakan kisah kaum Muhajirin dan kaum Ansar
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembahasan | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
8.1 Menceritakan perjuangan kaum Muhajirin | Kisah kaum Muhajirin dan kaum Ansar | 1. Siswa menceritakan kembali kisah kaum Muhajirin, menjelaskan perjuangan kaum Muhajirin, serta menyebutkan usaha-usaha kaum Muhajirin bersama Rasulullah SAW melalui forum diskusi dan tanya jawab berdasarkan penjelasan guru dan bacaan dari buku referensi | 1. Menjelaskan kisah perjuangan kaum Muhajirin | Tes tulis | Essay | Apa yang mendasari kaum Muahajirin hijrah dari kota Mekah? | 3 x 35 menit | 1. Teks kisah kaum Muhajirin 2. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 6 3. Buku kisah-kisah Islami 4. Kaset/CD kisah-kisah Islami 5. Alquran (juz amma) 6. Pengalaman guru |
2. Menyebutkan usaha-usaha kaum Muhajirin | Tes tulis | Jawaban singkat | Bagaimana usaha kaum Muahajirin untuk melindungi Rasulullah SAW dari kejaran kafir Quraisy? | |||||
8.2 Menceritakan perjuangan kaum ansar | Kisah kaum Muhajirin dan kaum Ansar | 1. Siswa menceritakan kembali kisah kaum Ansar, menjelaskan perjuangan kaum Ansar, serta menyebutkan usaha-usaha kaum Ansar bersama kaum Muhajirin dan Rasulullah SAW melalui forum diskusi dan tanya jawab berdasarkan penjelasan guru dan bacaan dari buku referensi | 1. Menjelaskan kisah perjuangan kaum Ansar | Tes tulis | Essay | Bagaiman sambutan kaum Ansar terhadap Rasulullah SAW dan rombongannya ketika datang ke Madinah? | 3 x 35 menit | 1. Teks kisah kaum Ansar 2. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 6 3. Buku kisah-kisah Islami 4. Kaset/CD kisah-kisah Islami 5. Alquran (juz amma) 6. Pengalaman guru |
2. Menyebutkan usaha-usaha kaum Ansar | Tes tulis | Jawaban singkat | Apa usaha yang dilakukan kaum Ansar untuk menciptakan ukhuwah Islamiyah dengan kaum Muhajirin? | |||||
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ), |
............ , .....................20 ......
Mengetahui Guru Mapel Pendidikan Agama Islam
Kepala SD/MI dan SDLB.
( ..................................................... ) ( ........................................................... )
NIP. NIP.
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : ............................
Kelas : VI
Semester : 2
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Standar kompetensi (Akhlak) : 9. Membiasakan perilaku terpuji
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembahasan | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
9.1 Meneladani perilaku kegigihan perjuangan kaum Muhajirin dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan peserta didik | Membiasakan perilaku terpuji | 1.Siswa mengungkapkan pendapat menjelaskan tentang kisah kegigihan perjuangan kaum Muahjirin dalam meraih kehidupan yang lebih baik, menunujukkan usaha-usaha kegigihan kaum Muhajirin dalam meraih kehidupan sehari-hari yang lebih baik melalui forum diskusi dan Tanya jawab | 1. Menjelaskan kisah kegigihan perjuangan kaum Muhajirin dalam meraih kehidupan yang lebih baik | Tes tulis | Essay | Jelaskan dengan singkat kisah hijrah Nabi bersama kaum Muhajirin dari kota Mekah! | 3 x 35 menit | 1. Teks kisah kaum Muhajirin 2. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 6 3. Buku kisah-kisah Islami 4. Kaset/CD kisah-kisah Islami 5. Alquran (juz amma) 6. Pengalaman guru |
2. Meneladani kegigihan usaha-usaha kaum Muhajirin dalam meraih kehidupan sehari-hari yang lebih baik | Tes tulis | Pilihan ganda | Kaum Muhajirin mendapat sambutan yang tidak baik ketika tiba di kota ... a. Hijaz b. Taif c.Madinah | |||||
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ), |
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : ............................
Kelas : 2
Semester : 2
Mata Pelajaran : Agama Islam
Standar kompetensi (Fiqih) : 10. Mengetahui kewajiban zakat
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembahasan | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
10.1 Menyebutkan macam-macam zakat | Hal Zakat | 1. Siswa menegemukakan pendapat menjelaskan tentang pengertian zakat melalui forum diskusi, dan menyebutkan macam-macam zakat secara klasikal, kelompok dan individu | 1. Menjelaskan pengertian zakat | Tes tulis | Essay | Apa yang kamu ketahui tentang definisi zakat? | 3 x 35 menit | 1. Ayat Alquran atau hadis Nabi yang menerangkan bahan ajar 2. Buku pendidikan Agama Islam jilid 6 3. Buku Fiqih 4.. Pengalaman guru |
2. Menyebutkan maca-macam zakat | Tes tulis | Jawaban singkat | Sebutkan macam-macam zakat yang telah kamu pelajari! | |||||
10.2 Menyebutkan ketentuan zakat fitrah | Hal zakat | 1. Siswa mengemukakan pendapat menjelaskan definisi zakat fitrah melalui forum diskusi dan tanya jawab, menyebutkan ketentuan zakat fitrah, dan | 1. Menjelaskan pengertian zakat fitrah | Tes tulis | Essay | Jelaskan definisi zakat fitrah menurut syariat Islam! | 3 x 35 menit | 1. Tulisan tentang ketentuan zakat fitrah di karton 2. Ayat Alquran atau hadis Nabi yang berkaitan dengan bahan ajar 3. buku Pendidikan |
| | menyebutkan manfaat zakat fitrah. | 2. Menyebutkan ketentuan zakat fitrah | Tes tulis | Jawaban singkat | Berapa ukuran wajib zakat fitrah dikeluarkan? | | Agama Islam jilid 6 4. Buku Fiqih 5. Pengalaman guru |
3. Melaksanakan zakat fitrah | Tes tulis | Pilihan ganda | Kapankah waktu yang disunahkan untuk mengeluarkan zakat fitrah? | |||||
4. Menyebutkan manfaat zakat fitrah | Tes tulis | Jawaban singkat | Sebutkan dua manfaat dari mengeluarkan zakat fitrah! | |||||
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ), |
............ , .....................20 ......
Mengetahui Guru Mapel Pendidikan Agama Islam
Kepala SD/MI dan SDLB.
( ..................................................... ) ( ........................................................... )
NIP. NIP.
No comments:
Post a Comment