loading...

Tuesday, August 28, 2012

SILABUS PEMBELAJARAN PAI KELAS VI SMT II


SILABUS  PEMBELAJARAN


Sekolah               :   ............................
Kelas                   :   VI
Semester              :   2
Mata Pelajaran     :   Pendidikan Agama Islam
Standar kompetensi (Alquran) : 6. Mengartikan surah pendek pilihan

Kompetensi Dasar
Materi Pokok/ Pembahasan
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

            Membaca QS Al Maidah ayat 3 dan Surah Al Hujurat ayat 13









Surah Al Maidah ayat 3 dan Surah Al Hujurat ayat 13


















1. Siswa melafalkan Surah Al  Maidah  ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13  secara klasikal, kelompok dan individu sesuai dengan harakat dan makhraj yang benar, serta berlatih melafalkan  Surah Al  Maidah ayat 3 dan Al Hujurat ayat 13 dengan menerapkan hukum bacaan (tajwid) yang benar.





1.Melafalkan kata  dan kalimat Surah Al Maidah ayat 3 dan Surah Al Hujurat ayat 13




Tes lisan







Pelafalan







Lafalkan Surah Al Maidah ayat 3 dan Surah Al Hujurat ayat 13 dengan harakat dan makhraj yang benar! (lihat Buku Pendidikan Agama Islam SD Jil 6 )


3 x 35 menit












1. Teks lafal Surah Al Maidah ayat 3 dan Surah Al Hujurat ayat 13 di karton atau papan tulis
2.   Buku tajwid
3.   Buku Pendidikan Agama Islam jilid 6  hal
4.   Alquran (juz amma)
5.   Kaset atau CD    tentang cara baca Alquran
6.   Pengalaman guru

2. Membaca sesuai hukum tajwid Surah Al Maidah ayat 3 dan Surah Al Hujurat ayat 1

Tes lisan



Pelafalan

Lafalkan Surah Al Maidah ayat 3 dan Surah Al Hujurat ayat 13 dengan menerapkan tajwid yang benar!

6.2  Mengartikan Surah Al Maidah ayat 3 dan Surah Al Hujurat ayat 13

Surah Al Maidah ayat 3 dan Surah Al Hujurat ayat 13


1. Siswa berlatih mengartikan Surah Al Maidah ayat 3 dan Surah Al Hujurat ayat 13 berdasarkan bimbingan guru, serta melalui forum diskusi mengkaji kandungan dari Surah Al Maidah  ayat 3 dan Surah Al Hujurat ayat 13

1.  Mengartikan kata dan kalimat Surah Al Maidah ayat 3 dan Surah al Hujurat ayat 13

Tes lisan

Pemaknaan

Artikan Surah Al Maidah ayat 3 dan Surah Al Hujurat ayat 13 dengan lengkap!

6 x 35 menit


1.  Teks lafal Surah Al Maidah ayat 3 dan Surah Al Hujurat ayat 13 beserta artinya di karton atau papan tulis
2.   Buku tajwid
3.   Buku Pendidikan Agama Islam jilid 6  hal
4.   Alquran (juz amma)
5.   Kaset atau CD    tentang cara baca Alquran
6.   Pengalaman guru


2. Menerapkan arti/isi kandungan Surah Al Maidah ayat 3 dan Surah Al Hujurat ayat 13

Tes tulis

Essay

Sebutkan isi pokok Surah Al Hujurat ayat 13!
Karakter siswa yang diharapkan  :  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ),


SILABUS  PEMBELAJARAN


Sekolah               :   ............................
Kelas                   :   VI
Semester              :   2
Mata Pelajaran     :   Pendidikan Agama Islam
Standar kompetensi (Aqidah) : 7. Meyakini adanya Qada’ dan Qadar

Kompetensi Dasar
Materi Pokok/ Pembahasan
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

7.1 Menunjukkan contoh-contoh qada’ dan qadar

Iman terhadap qada’dan qadar

1. Siswa mengemukakan pendapat menjelaskan tentang pengertian qada’ dan qadar melalui forum diskusi dan Tanya jawab, serta menyebutkan contoh-contoh qada’ dan qadar secara individu.

1. Menjelaskan pengertian qada’dan qadar

Tes tulis

Essay

Apa yang kamu ketahui mengenai pengertian qada’ dan qadar?

 3 x 35 menit


1.        Ayat Alquran atau hadis Nabi yang berkaitan dengan bahan ajar
2.        Buku Pendidikan agama Islam jilid 6
3.        Pengalaman guru
4.        Lingkungan sekitar


2. Menyebutkan contoh-contoh qada’ dan qadar

Tes tulis

Pilihan ganda

Ketentuan Allah terhadap hamba-Nya yang dapat berubah disebut…
a. Qada’
b. Qadar
c. Iman

3. Menyebutkan manfaat setia kawan


Tes tulis

Jawaban singkat

Apa saja manfaat yang dapat diambil dari perilaku setia kawan?



7.2 Menunjukkan keyakinan terhadap qada’ dan qadar



Iman kepada qada’ dan qadar








1. Siswa menyebutkan cara meyakini adanya qada’ dan qadar, serta menyebutkan contoh sikap dari beriman kepada qada’ dan qadar berdasarkan penjelasan guru dan bacaan dari buku referensi

1. Menyebutkan cara meyakini adanya qada’ dan qadar


Tes tulis








Jawaban singkat


Bagaimanakah menyikapi qada’ dan qadar Allah SWT?

 3 x 35 menit


1.      Ayat Alquran atau hadis Nabi yang  berkaitan dengan bahan ajar
2.        Buku Pendidikan Agama Islam jilid 6
3.        Pengalaman guru
4.        Lingkungan sekitar

Karakter siswa yang diharapkan  :  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ),


............ , .....................20 ......
Mengetahui                                                                                                                                                                                        Guru Mapel Pendidikan Agama Islam
Kepala SD/MI dan SDLB.




( ..................................................... )                                                                                                                                                  ( ........................................................... )
NIP.                                                                                                                                                                                                    NIP.








SILABUS  PEMBELAJARAN


Sekolah               :   ............................
Kelas                   :   2
Semester              :   2
Mata Pelajaran     :   Agama Islam
Standar kompetensi (Tarikh) : 8. Menceritakan kisah kaum Muhajirin dan kaum Ansar

Kompetensi Dasar
Materi Pokok/ Pembahasan
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

8.1 Menceritakan perjuangan kaum Muhajirin










Kisah kaum Muhajirin dan kaum Ansar








1. Siswa menceritakan kembali kisah kaum Muhajirin, menjelaskan perjuangan kaum Muhajirin, serta menyebutkan usaha-usaha kaum Muhajirin bersama Rasulullah SAW melalui forum diskusi dan tanya jawab berdasarkan penjelasan guru dan bacaan dari buku referensi

1. Menjelaskan kisah perjuangan kaum Muhajirin

Tes tulis

Essay

Apa yang mendasari kaum Muahajirin hijrah dari kota Mekah?

3 x 35 menit




1.        Teks kisah kaum Muhajirin
2.        Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 6
3.        Buku kisah-kisah Islami
4.        Kaset/CD    kisah-kisah Islami
5.        Alquran (juz amma)
6.        Pengalaman guru


2. Menyebutkan usaha-usaha kaum Muhajirin

Tes tulis

Jawaban singkat

Bagaimana usaha kaum Muahajirin untuk melindungi Rasulullah SAW dari kejaran kafir Quraisy?

8.2   Menceritakan perjuangan kaum ansar









Kisah kaum Muhajirin dan kaum Ansar





1. Siswa menceritakan kembali kisah kaum Ansar, menjelaskan perjuangan kaum Ansar, serta menyebutkan usaha-usaha kaum Ansar bersama kaum Muhajirin dan Rasulullah SAW melalui forum diskusi dan tanya jawab berdasarkan penjelasan guru dan bacaan dari buku referensi


1. Menjelaskan kisah perjuangan kaum Ansar




Tes tulis






Essay







Bagaiman sambutan kaum Ansar terhadap Rasulullah SAW dan rombongannya ketika datang ke Madinah?


3 x 35 menit








1.     Teks kisah kaum Ansar
2.        Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 6
3.        Buku kisah-kisah Islami
4.        Kaset/CD    kisah-kisah Islami
5.        Alquran (juz amma)
6.       Pengalaman guru




2.  Menyebutkan usaha-usaha kaum Ansar

Tes tulis

Jawaban singkat

Apa usaha yang dilakukan kaum Ansar untuk menciptakan ukhuwah Islamiyah dengan kaum Muhajirin?
Karakter siswa yang diharapkan  :  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ),


............ , .....................20 ......
Mengetahui                                                                                                                                                                                        Guru Mapel Pendidikan Agama Islam
Kepala SD/MI dan SDLB.




( ..................................................... )                                                                                                                                                  ( ........................................................... )
NIP.                                                                                                                                                                                                    NIP.

SILABUS  PEMBELAJARAN


Sekolah               :   ............................
Kelas                   :   VI
Semester              :   2
Mata Pelajaran     :   Pendidikan Agama Islam
Standar kompetensi (Akhlak) : 9. Membiasakan perilaku terpuji

Kompetensi Dasar
Materi Pokok/ Pembahasan
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

9.1 Meneladani perilaku kegigihan perjuangan kaum Muhajirin dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan peserta didik

Membiasakan perilaku terpuji

1.Siswa mengungkapkan pendapat menjelaskan tentang kisah kegigihan perjuangan kaum Muahjirin dalam meraih kehidupan yang lebih baik, menunujukkan usaha-usaha kegigihan kaum Muhajirin  dalam meraih kehidupan sehari-hari yang lebih baik melalui forum diskusi dan Tanya jawab

1. Menjelaskan kisah kegigihan perjuangan kaum Muhajirin dalam meraih kehidupan yang lebih baik

Tes tulis

Essay

Jelaskan dengan singkat kisah hijrah Nabi bersama kaum Muhajirin dari kota Mekah!

 3 x 35 menit


1.     Teks kisah kaum Muhajirin
2.        Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 6
3.        Buku kisah-kisah Islami
4.        Kaset/CD    kisah-kisah Islami
5.        Alquran (juz amma)
6.       Pengalaman guru

2. Meneladani kegigihan usaha-usaha kaum Muhajirin dalam meraih kehidupan sehari-hari yang lebih baik

Tes tulis

Pilihan ganda

Kaum Muhajirin mendapat sambutan yang tidak baik ketika tiba di kota ...
a. Hijaz
b. Taif
c.Madinah
Karakter siswa yang diharapkan  :  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ),


SILABUS  PEMBELAJARAN


Sekolah               :   ............................
Kelas                   :   2
Semester              :   2
Mata Pelajaran     :   Agama Islam
Standar kompetensi (Fiqih) : 10. Mengetahui kewajiban zakat

Kompetensi Dasar
Materi Pokok/ Pembahasan
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

10.1 Menyebutkan macam-macam zakat




Hal Zakat







1. Siswa menegemukakan pendapat menjelaskan tentang pengertian zakat melalui forum diskusi, dan menyebutkan macam-macam zakat secara klasikal, kelompok dan individu

1. Menjelaskan pengertian zakat

Tes tulis

Essay

Apa yang kamu ketahui tentang definisi zakat?

 3 x 35 menit





1. Ayat Alquran atau hadis Nabi yang menerangkan bahan ajar
2. Buku pendidikan Agama Islam jilid 6
3. Buku Fiqih
4.. Pengalaman guru


2. Menyebutkan maca-macam zakat

Tes tulis

Jawaban singkat

Sebutkan macam-macam zakat yang telah kamu pelajari!

10.2 Menyebutkan ketentuan zakat fitrah


Hal zakat

1. Siswa mengemukakan pendapat menjelaskan definisi zakat fitrah melalui forum diskusi dan tanya jawab, menyebutkan ketentuan zakat fitrah, dan

1. Menjelaskan pengertian zakat fitrah




Tes tulis




Essay




Jelaskan definisi zakat fitrah menurut syariat Islam!


3 x 35 menit

1. Tulisan tentang ketentuan zakat fitrah di karton
2. Ayat Alquran atau hadis Nabi yang berkaitan dengan bahan ajar
3. buku Pendidikan




menyebutkan manfaat zakat fitrah.

2.  Menyebutkan ketentuan zakat fitrah

Tes tulis

Jawaban singkat

Berapa ukuran wajib zakat fitrah dikeluarkan?



Agama Islam jilid 6
4. Buku Fiqih
5.  Pengalaman guru


3. Melaksanakan zakat fitrah

Tes tulis

Pilihan ganda

Kapankah waktu yang disunahkan untuk mengeluarkan zakat fitrah?


4. Menyebutkan manfaat zakat fitrah

Tes tulis

Jawaban singkat

Sebutkan dua manfaat dari mengeluarkan zakat fitrah!

Karakter siswa yang diharapkan  :  Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ),  Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ),


............ , .....................20 ......
Mengetahui                                                                                                                                                                                        Guru Mapel Pendidikan Agama Islam
Kepala SD/MI dan SDLB.




( ..................................................... )                                                                                                                                                  ( ........................................................... )
NIP.                                                                                                                                                                                                    NIP.

No comments:

Post a Comment