Saturday, August 25, 2012

SILABUS BTQ KELAS VIII SMT I

SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                         :  MTs. Negeri Cisontrol
Mata Pelajaran                         :  Mulok Baca Tulis Al-Qur’an ( BTQ )
Kelas/Semester                       :  VIII/1
Standar Kompetensi     :  1. Mampu membaca, menulis, dan melapalkan serta memahami kandungan Al-Qur’an pada Surat-Surat Pendek (Al-Insyirah-Asy-Syamsu)
Karakter Siswa               :
·         Teliti dalam membaca/memahami materi pembelajaran
·         Kreatif dalam mengembangkan materi pembelajaran
·         Konstruktif dalam membangun konsep
·         Responsif terhadap materi pembelajaran
·         Reflektif sebagai struktur pengetahuan baru yang merupakan pengayaan atau revisi dari pengetahuan sebelumnya

Kompetensi
Dasar
Materi Pokok
Indikator
Kegiatan
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/Bahan/
Alat
2.1   Membaca, menulis, malafalkan (menghafal) serta memahami isi kandungan ayat Al-Qur’an Surat Al-Insyirah



Qur’an Surat Al-Insyirah
    Mampu membaca QS Al-Insyirah;
    Melafalkan  (menghafal) QS Al-Insyirah;
    Menuliskan dan menterjemahkan QS Al-Insyirah;
   Menjelaskan hukum bacaan (tajwid)yang terdapat dalam QS Al-Insyirah;
    Menunjukan perilaku yang sesuai dengan QS. Al-Insyirah

   Membacakan dan diikuti bersama QS Al-Insyirah dengan fasih dan tartil
   Melafalkan dengan cara dihafal QS Al-Insyirah setiap siswa;
   Menuliskan secara benar QS Al-Insyirah di papan tulis;
   Siswa diminta untuk menterjemahkan QS Al-Insyirah dengan menyalin pada buku Al-Qur’an dan Terjemahannya;
   Menjelaskan hukum bacaan (tajwid) yang terdapat pada QS Al-Insyirah;
   Menjelaskan dan menerangkan isi kandungan yang terdapat dalam QS Al-Insyirah.
  Tes lisan;
  Tes Tulisan;
  Kuis;
  Praktek
..x 40’’
   Al-Qur’an dan terjemahnya;
   Zuz Ama;
   Buku Tajwid;
   Buku-buku yang relevan

2.2   Membaca, menulis, malafalkan (menghafal) serta memahami isi kandungan ayat Al-Qur’an Surat Ad-Dhuha



Qur’an Surat Ad-Dhuha
    Mampu membaca QS Ad-Dhuha;
    Melafalkan  (menghafal) QS Ad-Dhuha;
    Menuliskan dan menterjemahkan QS Ad-Dhuha;
   Menjelaskan hukum bacaan (tajwid)yang terdapat dalam QS Ad-Dhuha;
    Menunjukan perilaku yang sesuai dengan QS. Ad-Dhuha

   Membacakan dan diikuti bersama QS  Ad-Dhuha dengan fasih dan tartil
   Melafalkan dengan cara dihafal QS Ad-Dhuha setiap siswa;
   Menuliskan secara benar QS Ad-Dhuha di papan tulis;
   Siswa diminta untuk menterjemahkan QS Ad-Dhuha menyalin pada buku Al-Qur’an dan Terjemahannya;
   Menjelaskan hukum bacaan (tajwid) yang terdapat pada QS Ad-Dhuha;
   Menjelaskan dan menerangkan isi kandungan yang terdapat dalam QS Ad-Dhuha.

  Tes lisan;
  Tes Tulisan;
  Kuis;
  Praktek
..x 40’’
   Al-Qur’an dan terjemahnya;
   Zuz Ama;
   Buku Tajwid;
   Buku-buku yang relevan

2.3   Membaca, menulis, malafalkan (menghafal) serta memahami isi kandungan ayat Al-Qur’an Surat Al-Lail



Qur’an Surat Al-Lail
    Mampu membaca QS Al-Lail;
    Melafalkan  (menghafal) QS Al-Lail;
    Menuliskan dan menterjemahkan QS Al-Lail;
   Menjelaskan hukum bacaan (tajwid)yang terdapat dalam QS Al-Lail;
    Menunjukan perilaku yang sesuai dengan QS. Al-Lail

   Membacakan dan diikuti bersama QS Al-Lail dengan fasih dan tartil
   Melafalkan dengan cara dihafal QS Al-Lail setiap siswa;
   Menuliskan secara benar QS Al-Lail di papan tulis;
   Siswa diminta untuk menterjemahkan QS Al-Lail dengan menyalin pada buku Al-Qur’an dan Terjemahannya;
   Menjelaskan hukum bacaan (tajwid) yang terdapat pada QS Al-Lail;
   Menjelaskan dan menerangkan isi kandungan yang terdapat dalam QS Al-Lail
  Tes lisan;
  Tes Tulisan;
  Kuis;
  Praktek
..x 40’’
   Al-Qur’an dan terjemahnya;
   Zuz Ama;
   Buku Tajwid;
   Buku-buku yang relevan

2.4   Membaca, menulis, malafalkan (menghafal) serta memahami isi kandungan ayat Al-Qur’an Surat Asy-Syamsu



Qur’an Surat Asy-Syamsu
    Mampu membaca QS Asy-Syamsu;
    Melafalkan  (menghafal) QS Asy-Syamsu;
    Menuliskan dan menterjemahkan QS Asy-Syamsu;
   Menjelaskan hukum bacaan (tajwid)yang terdapat dalam QS Asy-Syamsu;
    Menunjukan perilaku yang sesuai dengan QS. Asy-Syamsu

   Membacakan dan diikuti bersama QS  Asy-Syamsu dengan fasih dan tartil
   Melafalkan dengan cara dihafal QS Asy-Syamsu setiap siswa;
   Menuliskan secara benar QS Asy-Syamsu di papan tulis;
   Siswa diminta untuk menterjemahkan QS Asy-Syamsu menyalin pada buku Al-Qur’an dan Terjemahannya;
   Menjelaskan hukum bacaan (tajwid) yang terdapat pada QS Asy-Syamsu;
   Menjelaskan dan menerangkan isi kandungan yang terdapat dalam QS. Asy-Syamsu
  Tes lisan;
  Tes Tulisan;
  Kuis;
  Praktek
..x 40’’
   Al-Qur’an dan terjemahnya;
   Zuz Ama;
   Buku Tajwid;
   Buku-buku yang relevan







Mengetahui
Kepala Madrasah,




Oman Suparman, S. Ag, M. Pd. I
NIP. 19610813 198803 1 004

Cisontrol,  Juli 2012
Guru Mata Pelajaran,





Toni Faturokhman, S.Pd.I

No comments:

Post a Comment