SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : ............................
Kelas : V
Semester : 2
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Standar kompetensi (Alquran): 6. Mengartikan Alquran surah pendek pilihan
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembahasan | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
6.1 Membaca QS Al Ma`un dan Al Fil | Surah Al Ma`un dan Al Fil | 1. Siswa membaca Surah Al Ma`un Al Fil sesuai dengan harakat dan makhraj yang benar secara klasikal, kelompok dan individu serta berlatih menerapkan hukum bacaan yang ada pada surah tersebut. | 1. Membaca QS Al Ma`un dan Al Fil dengan harakat dan Makhraj yang benar | Tes lisan | Pelafalan | 1. Lafalkan Surah Al Ma`un dan Al Fil sesuai dengan harakat dan makhraj yang benar! | 3 x 35 menit | 1. Teks Surah Al Ma`un dan Al Fil di karton atau papan tulis 2. Tulisan hukum-hukum bacaan yang ada pada Surah Al Ma`un dan Al Fil 3. Buku Tajwid 4. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 5. hala 5. Kaset/CD Alquran 6. Alquran (juz amma) 7. Pengalaman guru |
2. Mengulang-ulang membaca QS Al Ma`un dan Al Fil dengan harakat dan makhraj yang benar | Tes lisan | Pelafalan | 2. Lafalkan Surah Al Ma`un dan Al Fil dengan hukum bacaan yang ada padanya! (Lihat Buku Pendidikan Agama Islam Jil. 5 hal ) | |||||
6.2 Mengartikan QS Al Ma`un dan Al Fil | Surah Al Ma`un dan Al Fil | 1. Siswa mengartikan Surah Al Ma`un dan Al Fil secara klasikal, kelompok dan individu dan mengkaji isi pokok dalam kedua surah tersebut 2. Siswa menghafal Surah Al Ma`un dan Al Fil | 1. Mengartikan Surah Al Ma`un dan Al Fil | Tes tulis | Pemaknaan | Sebutkan arti dari ayat-ayat di bawah ini: a. ayat ke-3 Surah Al Ma`un b. ayat ke-2 Surah Al Fil c. ayat ke-5 Surah Al Ma`un | 6 x 35 menit | 1. Teks Surah Al Ma`un dan Al Fil beserta artinya di karton atau papan tulis 2. Tulisan hukum-hukum bacaan yang ada pada Surah Al Ma`un dan |
| | | 2. Menunjukkan hafal Surah Al Ma`un dan Al Fil | Tes tulis | Hafalan | Hafalkan Surah Al Ma`un dan al Fil! | | Al Fil 3. Buku Tajwid 4. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 5. halaman 5. Kaset/CD Alquran 6. Alquran (juz amma) 7. Pengalaman guru |
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ), |
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : ............................
Kelas : V
Semester : 2
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Standar kompetensi (Aqidah): 7. Mengenal Rasul-rasul Allah
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembahasan | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
7.1 Menyebutkan nama-nama Rasul Allah SWT | Nama-nama Rasul Allah SWT | 1. Siswa mengemukakan pendapatnya tentang pengertian beriman kepada Rasul-rasul Allah melalui forum diskusi dan menyebutkan nama-nama Rasul Allah SWT secara klasikal, kelompok dan individu. | 1. Beriman dan mampu menyebutkan nama-nama Rsaul Allah SWT | Tes tulis | Essay | Apa yang kamu ketahui tentang iman kepada Rasul Allah SWT? | 3 x 35 menit | 1. Tulisan nama-nama Rasul Allah SWT di karton atau papan tulis 2. Buku pendidikan Agama Islam Jilid 5, halaman 3. Alquran (juz ammma) 4. Buku kisah Rasul-rasul Allah SWT 5. Kaset/ CD tentang Rasul Allah SWT 6. Pengalaman guru |
7.2 Menyebutkan nama-nama Rasul Ulul Azmi dari para Rasul | Nama-nama Rasul Ulul Azmi | 1. Siswa menyebutkan nama-nama Rasul Ulul Azmi secara klasikal, kelompok dan individu dan menyebutkan keutamaan-keutamaan yang dimiliki para Rasul Ulul Azmi melalui forum diskusi dan tanya jawab | 1. Menyebutkan nama-nama Rasul Ulul Azmi | Tes tulis | Jawaban singkat | Sebutkan nama-nama para Rasul yang tergolong Rasul Ulul Azmi! | 3 x 35 menit | 1. Tulisan nama-nama Rasul Ulul Azmi di karton atau papan tulis 2. Buku pendidikan Agama Islam Jilid 5, halaman 3. Alquran (juz ammma) 4. Buku kisah Rasul-rasul Allah SWT 5. Kaset/ CD tentang Rasul Allah SWT 6. Pengalaman guru |
7.3 Membedakan Naabi dan Rasul | Membedakan antara Nabi dan Rasul | 1. Siswa mengemukakan pendapatnya mengenai perbedaan Nabi dan Rasul, tugas dan keutamaan Rasul, melalui forum diskusi dan tanya jawab | 1. Membedakan antara Nabi dan Rasul | Tes Tulis | Essay | Apakah perbedaan mendasar antara seorang Nabi dan Rasul? | 3 x 35 menit | 1. Tulisan nama-nama Rasul Allah SWT di karton atau papan tulis 2. Tulisan perbedaan antara Nabi dan Rasul di karton 3. Buku pendidikan Agama Islam Jilid 5, halaman 4. Alquran (juz ammma) 6. Buku kisah Rasul-rasul Allah SWT 7. Kaset/ CD tentang Rasul Allah SWT 8. Pengalaman guru |
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ), |
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : ............................
Kelas : V
Semester : 2
Mata Pelajaran : Agama Islam
Standar kompetensi (Tarikh): 8. Menceritakan Kisah Sahabat Nabi
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembahasan | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
8.1 Menceritakan kisah Khlaifah Abu Bakar RA | Kisah Khalifah Abu Bakar RA | 1. Siswa berlatih menceritakan kembali kisah Abu Bakar RA berdasarkan penjelasan guru dan bacaan dari buku referensi melalui forum diskusi dan tanya jawab. | 1. Menceritakan kisah Khalifah Abu Bakar RA | Tes tulis | Essay | Apa sebabnya Abu Bakar diberi gelar As Siddiq? | 3 x 35 menit | 1. Teks cerita kisah Khalifah Abu Bakar RA 2. Buku kisah-kisah sahabat Nabi 3. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid. 5, halaman 4. Kaset/CD tentang kisah sahabat Nabi 5. AlQuraan (juz amma) 6. pengalaman guru |
8.2 Menceritakan kisah Khalifah Umar bin Khattab RA | Kisah Umar bin Khattab RA | 1.Siswa berlatih menceritakan kembali kisah Umar bin Khattab RA berdasarkan penjelasan guru dan bacaan dari buku referensi melalui forum diskusi dan tanya jawab | 1. Menceritakan kisah Khalifah Umar bin Khattab | Tes tulis | Essay | Mengapa Umar bin Khattab dijuluki singa padang pasir? | 3x 35 menit | 1. Teks cerita kisah Khalifah Umar bin Khattab RA 2. Buku kisah-kisah sahabat Nabi 3. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid. 5, halaman 4. Kaset/CD tentang kisah sahabat Nabi 5. AlQuraan (juz amma) 6. pengalaman guru |
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ), |
............ , ..................................... 20 ......
Mengetahui Guru Mapel Pendidikan Agama Islam
Kepala SD/MI dan SDLB.
( ..................................................... ) ( ........................................................... )
NIP. NIP.
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : ............................
Kelas : V
Semester : 2
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Standar kompetensi (Akhlak): 9. Membiasakan perilaku terpuji
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembahasan | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
9.1 Meneladani perilaku Khlaifah Abu Bakar RA | Kisah keteladanan Khalifah Abu Bakar RA | 1. Siswa mengemukakan pendapatnya tentang kecintaan Abu Bakar terhadap Rasulullah SAW dan kedermawanan Abu Bakar, serta kesahajaan Abu Bakar sebagai khalifah berdasarkan materi yang telah dipelajari melalui forum diskusi dan tanya jawab, serta meneladani perilaku Abu Bakar dalam praktik keseharian | 1. Meneladani kecintaan Abu Bakar RA terhadap Rasulullah SAW | Tes tulis | Essay | Apa yang harus kamu lakukan sebagai tanda kecintaan terhadap Rasulullah SAW? | 3 x 35 menit | 1. Teks cerita kisah Khalifah Abu Bakar RA 2. Buku kisah-kisah sahabat Nabi 3. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid. 5, halaman 4. Kaset/CD tentang kisah sahabat Nabi 5. AlQuraan (juz amma) 6. pengalaman guru |
2. Meneladani kedermawanan Abu Bakar RA | Tes tulis | Jawaban singkat | Siapakah nama budak yang dimerdekakan Abu Bakar RA? | |||||
3. Meneladani kesahajaan Abu Bakar RA sebagai khalifah | Tes tulis | Jawaban singkat | Sebutkan dua keuntungan orang yang hidup bersahaja! | |||||
9.2 Meneladani perilaku Umar bin Khattab RA | Kisah keteladanan Khalifah Umar bin Khattab RA | 1. Siswa mengemukakan pendapatnya tentang keberanian Umar bin Khattab dalam menegakkan ajaran Islam dan jiwa pemimpin Umar Bin Khattab berdasarkan materi yang telah dipelajari melalui forum diskusi dan tanya jawab, serta meneladani perilaku Umar bin Khattab dalam praktik keseharian | 1. Meneladani keberanian Umar bin Khattab dalam menegakkan ajaran Islam | Tes tulis | Essay | Umar bin Khattab sangat istiqamah dalam ajaran Islam. Jelaskan apa maksudnya! | 3 x 35 menit | 1. Teks cerita kisah Khalifah Umar bin Khattab RA 2. Buku kisah-kisah sahabat Nabi 3. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid. 5, halaman 4. Kaset/CD tentang kisah sahabat Nabi 5. AlQuraan (juz amma) 6. pengalaman guru |
2. Meneladani jiwa kepemimpinan Umar bin Khattab RA | Tes Tulis | Jawaban singkat | Jelaskan sifat kepemimpinan Umar bin Khattab RA! | |||||
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ), |
............ , ..................................... 20 ......
Mengetahui Guru Mapel Pendidikan Agama Islam
Kepala SD/MI dan SDLB.
( ..................................................... ) ( ........................................................... )
NIP. NIP.
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : ............................
Kelas : V
Semester : 2
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Standar kompetensi (Fiqih): 10. Mengenal puasa wajib
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembahasan | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
10.1 Menyebutkan ketentuan-ketentuan puasa Ramadan | Puasa Ramadan dan puasa sunah | 1. Siswa mengemukakan pendapatnya tentang pengertian puasa Ramadan, menyebutkan ketentuan-ketentuan puasa Ramadan dan puasa sunah | 1. Menejelaskan pengertian puasa Ramadan | Tes tulis | Jawaban singkat | Apa yang kamu ketahui tentang definisi puasa? | 3 x 35 menit | 1. Teks lafal doa berbuka puasa, lafal makan sahur, dan niat puasa di karton atau papan tulis 2. Gambar peraga tentang tatacara berpuasa yang benar 3. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 5, halaman 4. Pengalaman guru |
2. Menyebutkan ketentuan-ketentuan puasa Ramadan dan puasa sunah | Tes tulis | Jawaban singkat | Apa saja yang termasuk puasa sunah? | |||||
10.2 Menyebutkan himah puasa | Puasa Ramadan dan puasa sunah | 1. Siswa mengemukakan pendapatnya tentang hikmah yang dapat dipetik dari puasa Ramadan dan puasa sunah dan mempraktikkan puasa sunah dalam kesempatan lain | 1. Mempraktikkan puasa Senin dan Kamis | Tes tulis | Jawaban singkat | Puasa dapat mendidik seseorang agar memiliki jiwa sosial, apa maksudnya? | 3 x 35 menit | 1. Teks lafal doa berbuka puasa, lafal makan sahur, dan niat puasa di karton atau papan tulis 2. Gambar peraga tentang tatacara berpuasa yang benar 3. Buku Pendidikan Agama Islam Jilid 5, halaman 4. Pengalaman guru |
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring ) dan Jujur ( fairnes ), |
............ , .....................20 ......
Mengetahui Guru Mapel Pendidikan Agama Islam
Kepala SD/MI dan SDLB.
( ..................................................... ) ( ........................................................... )
NIP. NIP.
No comments:
Post a Comment